Cek Fakta: 'Sempat Membuat Panik', Beredar Video Detik-Detik Erupsi Gunung Anak Krakatau

| 09 Feb 2022 07:14
Cek Fakta: 'Sempat Membuat Panik', Beredar Video Detik-Detik Erupsi Gunung Anak Krakatau
Ilustrasi-Gumpalan awan menyembur saat terjadi letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda, Banten, Senin (10/12/2018). (Foto: Antara)

ERA.id - Beredar sebuah video yang diklaim berisi detik-detik erupsi Gunung Anak Krakatau. Informasi itu diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “satriacombat” yang mengunggah sebuah video yang menunjukkan letusan sebuah gunung.

Dalam video tersebut juga dicantumkan narasi yang menyebutkan bahwa video tersebut merupakan video detik-detik erupsi Gunung Anak Krakatau pada 4 Februari 2022.

NARASI:

VIRAL DETIK – DETIK ANAK KRAKATAU MELETUS TEREKAM KAMERA

Rekaman detik – detik anak Krakatau erupsi tersebut hari ini, 04 Februari 2022 16.30 WIB dari kamera ponsel ABK KAPAL TNI – AL dan sempat membuat panik.”

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya informasi tersebut salah.

Dilansir dari detik.com, Plt. Kapusdatinkom BNPB, Abdul Muhari menegaskan bahwa video tersebut tidak diambil pada saat erupsi Gunung Anak Krakatau pada 4 Februari 2022, melainkan diambil ketika erupsi Gunung Anak Krakatau pada 30 Desember 2018 lalu.

Video serupa sebelumnya pernah diunggah oleh laman Facebook iNews pada 3 Januari 2019.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “satriacombat” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Rekomendasi