Cek Fakta: Berkat Pendekatan Jokowi, Rusia Akhirnya Mau Tarik Pasukan dari Perbatasan Ukraina

| 23 Feb 2022 13:11
Cek Fakta: Berkat Pendekatan Jokowi, Rusia Akhirnya Mau Tarik Pasukan dari Perbatasan Ukraina
Ilustrasi-Kunjungan kerja di Sochi, Federasi Rusia, bertemu empat mata dengan Presiden Vladimir Putin di Bucherov Rucey, rumah kediaman resminya di Sochi, Rusia. (Foto Fanpage Jokowi)

ERA.id - Beredar sebuah isu yang menyebut bahwa berkat pendekatan yang dilakukan Presiden Jokowi, Rusia akhirnya menarik pasukan dari perbatasan Ukraina.

Informasi itu dibagikan oleh akun TikTok dengan nama pengguna @guntur.surabaya. Akun tersebut mengunggah sebuah video yang menunjukkan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Vladimir Putin.

Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa video tersebut merupakan video Jokowi yang melakukan pendekatan ke Rusia agar bersedia menarik pasukannya dari perbatasan Ukraina.

NARASI:

"Dunia Butuh Indonesia berkat pendekatan Jokowi Rusia akhirnya menarik pasukannya dari perbatasan Ukraina."

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya video tersebut merupakan gabungan dari video kunjungan Jokowi ke Sochi, Rusia, pada tahun 2016 lalu dan video kedatangan Jokowi di acara KTT G20 di Italia pada tahun 2021.

Video kunjungan Jokowi ke Sochi pertama kali diunggah oleh kanal YouTube “Kementerian Sekretariat Negara RI” pada 19 Mei 2016. Sedangkan, video kehadiran Jokowi di KTT G20 juga telah diunggah oleh kanal YouTube “KOMPASTV” pada 30 Oktober 2021.

Lebih lanjut, hingga saat ini Putin belum menarik pasukannya dari Ukraina. Melansir dari BBC Indonesia, kondisi terbaru konflik Rusia dan Ukraina adalah Putin memerintahkan pasukannya untuk memasuki wilayah Donetsk dan Luhansk yang terletak di bagian timur Ukraina.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “guntur.surabaya” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Tags :
Rekomendasi