Dulu Ibu Kota Baru Diklaim Bebas Gempa, Ternyata Kini Diguncang Gempa, Roy Suryo: Manusia yang Rencanakan, Tuhan yang Tentukan

| 02 Mar 2022 18:42
Dulu Ibu Kota Baru Diklaim Bebas Gempa, Ternyata Kini Diguncang Gempa, Roy Suryo: Manusia yang Rencanakan, Tuhan yang Tentukan
Roy Suryo (Antara)

ERA.id - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo berkomentar terkait dengan bencana gempa yang melanda Kabupaten Paser, Kalimantan Timur yang merupakan lokasi ibu kota baru dengan kekuatan Magnitudo 4,8 pada Selasa (01/03/2022).

Roy Suryo mengatakan meksi lokasi ibu kota baru disebut-sebut bebas dari gempa, banjir serta bencana lainnya, ternyata telah terjadi gempa beberapa kali sejak 1957 hingga 2022.

"Manusia boleh saja merencanakan, tetapi Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT tetap yg Menentukan," jelas Roy melalui akun Twitternya pada Rabu (02/03/2022).

"Semoga tidak ada Korban selanjutnya Bilamana memang keukeuh tetap kesana," tambah dia.

Dikutip dari Antara, Empat kecamatan di Kabupaten Paser mengalami guncangan gempa pada Selasa,(1/3 sekitar pukul 15.16 Wita.

"Informasi yang kami himpun ada 4 kecamatan yang merasakan gempa yaitu Kecamatan Batu Sopang, Kecamatan Pasir Belengkong, Kecamatan Muara Komam dan Tanah Grogot," kata Pengelola Pusat Data Laporan Operasional pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser Hendry Than.

Hendry menerangkan berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi yang mengguncang 4 kecamatan tersebut memiliki parameter M=4.5.

Episenter gempa terjadi pada koordinat 1.94 LS dan 115.81 BT, atau tepatnya berlokasi 46 Km Barat Laut Kabupaten Paser.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal," sebut Hendry mengutip keterangan resmi BMKG Balikpapan.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Paser dengan intensitas II-III MMI.

Artinya getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut," ucap Hendry.

Rekomendasi