Menhub Jamin Pilot Garuda Tidak Mogok Saat Mudik

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

(Foto: www.garuda-indonesia.com)

Jakarta, era.id - Jalur udara menjadi salah satu jalur alternatif saat mudik lebaran, selain cepat, jalur udara juga bebas dari macet. Namun, belum lama ini tedengar kabar adanya upaya mogok kerja yang akan dilakukan oleh pilot pesawat Garuda.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pilot Garuda Indonesia Airways tidak akan mogok sehingga tidak mengganggu penerbangan saat mudik dan balik Lebaran 2018.

Dia menerangkan, pemerintah, manajemen Garuda dan pilot terus melakukan komunikasi untuk mencari titik temu permasalahan. Sehingga, aksi mogok itu benar-benar tidak terjadi.

"Saya yakin tidak akan ada pemogokan, mengingat para pilot adalah orang yang terdidik dan terhormat," kata Budi dilansir dari Antara, Minggu (3/6/2018).

Budi yakin, komunikasi ini akan memperoleh kesepakatan yang saling menguntungkan semua pihak. Bukan justru mogok kerja yang merugikan konsumen.

Baca Juga : Nasib Pemudik di Balik Ancaman Mogok Garuda Indonesia

Sementara, Vice President Corporate Secretary and Investor Relations PT Garuda Indonesia Hengki Heriandono mengatakan, manajemen Garuda menjamin calon penumpang pesawat maskapai nasional itu tetap terbang saat musim mudik dan balik Lebaran 2018.

Kendati Hengki mengakui ada sejumlah ancaman, termasuk aksi mogok tadi, namun hal tersebut tidak akan berdampak pada para penumpang.

"Sekalipun ada ancaman mogok dari sejumlah pilot Garuda tapi proses negosiasi tetap berjalan, dan kami menjamin tidak akan ada gangguan penerbangan," kata Hengki.

Baca Juga : Serikat Pilot Garuda Ancam Mogok Kerja

Menurutnya, proses negosiasi antara manajemen Garuda dengan Serikat Pekerja Garuda (Sekarga) dan Asosiasi Pilot Garuda (APG) yang difasilitasi Kementerian Kemaritiman dan Kementerian Perhubungan terus berjalan.

Pada intinya, kata dia, pemerintah tidak ingin ada pemogokan karena akan merugikan masyarakat serta merusak reputasi perusahaan di mata internasional.

Hengki mengatakan, calon penumpang Garuda juga diminta tenang dan tidak perlu khawatir penerbangannya akan terganggu, mengingat proses negosiasi yang difasilitasi pemerintah terus berjalan dan menuju pada hasil positif.

Hengki mengakui, ancaman mogok sejumlah pilot beberapa hari ini memang menyebabkan sebagian calon penumpang khawatir tidak bisa terbang apalagi pada musim padat menjelang Lebaran.

Tag: mudik lebaran

Bagikan: