Viral! Kode Rahasia Token Listrik Bisa Bikin Hemat Pemakaian Selama Satu Bulan, Benarkah?

| 04 Apr 2022 10:09
Viral! Kode Rahasia Token Listrik Bisa Bikin Hemat Pemakaian Selama Satu Bulan, Benarkah?
Hoaks kode rahasia token listrik. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar kode rahasia yang diklaim bisa membuat biaya listrik hemat selama satu bulan. Informasi itu diketahui dari unggahan akun Facebook bernama Gagarin pada 24 Maret 2022.

Akun tersebut juga mengunggah sebuah foto terkait dengan kode atau tips yang bisa digunakan untuk dapat menghemat penggunaan listrik selama satu bulan.

Caranya adalah menekan tombol yang terdapat pada meteran listrik, yaitu tombol enter sebanyak 1 kali, tombol angka nol 6 kali, dan menggeser saklar berwarna biru ke arah kiri.

Narasi:

"Namanya emak2 biar minyak mahal seenggaknya tau cara hemat Listrik biar jadi murah, Bermanfaat banget nih Bund".

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya informasi tersebut tidak benar. Dikutip kompas.com, sejumlah tombol yang terdapat pada meteran listrik memiliki fungsinya masing-masing. Pada bagian keypad terdapat tombol enter untuk melakukan input, dan backspace untuk menghapus.

Terdapat pula deretan angka dari nol hingga 9 yang fungsinya untuk memasukkan kode token listrik yang telah dibeli oleh pelanggan. Sementara saklar berwarna biru, merupakan Miniature Circuit Breaker atau MCB, yang berfungsi sebagai sistem proteksi di dalam instalasi listrik jika terjadi beban berlebihan, serta hubungan pendek arus listrik atau korsleting.

Selain itu, melansir dari liputan6.com, pada tahun 2020 juga sempat beredar informasi yang sama, yaitu terkait dengan kode rahasia yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan listrik.

Namun, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, M Ikhsan Asaad menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. Menurutnya, kode-kode tersebut bukanlah bertujuan untuk menghemat tagihan listrik pelanggan, tetapi hanya untuk mengetahui jumlah tegangan listrik hingga kwh yang digunakan oleh pelanggan.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait dengan kode rahasia menghemat penggunaan listrik selama 1 bulan ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori parodi.

Rekomendasi