Indonesia Terpilih Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

| 09 Jun 2018 00:02
Indonesia Terpilih Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB
Pemungutan suara anggota tidak tetap DK PBB (Sumber: Twitter/MoFA Indonesia)
Jakarta, era.id - Indonesia terpilih jadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Kabar baik ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun Twitter bercentang biru @Jokowi.

Dari 190 negara yang hadir dalam pemungutan suara, Indonesia berhasil memenangi 144 suara untuk terpilih mewakili wilayah Asia dan Pasifik.

 

Ada pun negara lain yang menjadi pesaing Indonesia dalam pemungutan suara itu adalah Maladewa yang hanya mengumpulkan 46 suara.

Selain Indonesia, empat negara lain juga terpilih menjadi anggota tidak tetap DK PBB: Jerman, Belgia, Republik Dominika, dan Afrika Selatan.

 

Proses pemungutan suara dilakukan dengan menggunakan sistem secret ballot, yakni membagikan kotak suara pada seluruh anggota Majelis Umum PBB.

Capaian ini merupakan hal membanggakan bagi Indonesia. Dengan terpilih sebagai anggota tidak tetap DK PBB, artinya eksistensi bangsa tercinta dalam upaya menjaga perdamaian dunia masih diakui.

Menurut penelusuran yang kami lakukan, terakhir kali Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB adalah tahun 2006-2008.

Rekomendasi