Luhut Ungkap Bakal Ada Pertemuan Antara Jokowi dengan Elon Musk di AS, Bahas Apa?

| 09 May 2022 16:44
Luhut Ungkap Bakal Ada Pertemuan Antara Jokowi dengan Elon Musk di AS, Bahas Apa?
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama CEO Tesla Inc. Elon Musk. ANTARA/Instagram @luhut.pandjaitan

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan bos perusahaan kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Elon Musk.

Rencananya, pertemuan itu akan dilakukan di tengah-tengah lawatan Jokowi ke Amerika Serikat pada pekan ini.

"Oh ya (jadi) ketemu. Kita lagi atur ketemuannya mau di mana," kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5/2022).

Menurut Luhut, saat ini tim Tesla yang merupakan perusahaan milik Elon sedang berada di kantornya untuk membicarakan detail pertemuan Jokowi dan Elon di Amerika Serikat.

"Sekarang timnya Tesla ada di kantor saya, sedang bicara," kata Luhut.

Terpisah, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi dijadwalkan akan menghadiri acara KTT Khusus Asean-AS yang dilaksanakan di Washington DC pada 12 hingga 13 Mei 2022.

Rencananya, Jokowi akan bertolak ke Negeri Paman Sam pada 10 Mei 2022, besok.

"Berangkat 10 (Mei) dan kembali 14 (Mei)," kata Heru kepada wartawan.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan berkunjung ke SpaceX pada 14 Mei 2022. Pendiri SpaceX, Elon Musk bakal atur jadwalnya supaya bisa mendampingi Jokowi secara langsung.

Hal tersebut diungkapkan Luhut seusai melakukan pertemuan dengan Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas, Selasa (26/4). Pertemuan untuk membahas kerja sama antara Indonesia dengan Tesla terkait penyediaan dan pemprosesan Nikel sebagai bahan baku membuat Battery Cell.

"Nanti pada tanggal 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX," kata Luhut melalui akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan pada Selasa (26/4/2022).

Rekomendasi