Selama Mudik, Kualitas Udara Jakarta Membaik

| 13 Jun 2018 17:01
Selama Mudik, Kualitas Udara Jakarta Membaik
Situasi Jakarta (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Jelang hari raya Idul Fitri, sudah banyak warga Jakarta yang mudik ke kampung halamannya. Volume kendaraan dan kemacetan yang selalu terjadi di Ibu Kota pun berkurang drastis.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Isnawa Adji menerangkan, berkurangnya jumlah kendaraan saat libur dan cuti bersama Idul Fitri 1439 H berpengaruh terhadap membaiknya kualitas udara di Jakarta. Berdasarkan hasil monitoring, mencatat penurunan polusi udara yang cukup signifikan.

Baca Juga: 1,4 Juta Kendaraan Keluar Jakarta Saat Lebaran

Tercatat adanya penurunan konsentrasi SO2 sebesar 27.36 persen, kemudian CO sebanyak 66.91 persen dan konsentrasi NO2 sebanyak 70.81 persen. Kendati demikian, masih terjadi sedikit peningkatan konsentrasi PM 10 yang berasal dari proyek pembangunan MRT.

"Membaiknya kualitas udara dapat dirasakan, antara lain dengan lebih nyamannya udara ketika dihirup di alam terbuka," kata Isnawa dalam keterangan tertulis yang diterima era.id, Rabu (13/6/2018).

Isnawa menjelaskan, membaiknya kualitas udara di Jakarta selain disebabkan menurunnya jumlah penggunaan kendaraan bermotor di sejumlah jalanan di Ibu Kota selama libur Lebaran. Di samping itu, hujan yang turun Selasa malam (12/6) juga turut andil membuat level polusi makin rendah karena polutan turun.

"Asap kendaraan bermotor merupakan penyumbang terbesar pencemaran udara di Jakarta," lanjutnya.

Isnawa menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini juga tengah mendorong penggunaan bahan bakar kendaraan yang berbasis ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas udara tetap baik, terlebih lagi dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

"Kami juga rutin mengelar uji emisi. Setiap kendaraan bermotor di Jakarta harus memenuhi ambang batas gas buang, sehingga dengan kondisi banyaknya kendaraan yang ada tidak akan mencemari udara di DKI Jakarta," tutupnya.

Rekomendasi