Selamat Idulfitri, Rakyat China!

| 16 Jun 2018 04:10
Selamat Idulfitri, Rakyat China!
Ilustrasi (Rachmad Bagus/era.id)
Beijing, era.id - Selamat Lebaran buat rakyat China! Kemarin, Jumat (15/6), Asosiasi Islam China (CIA) telah menetapkan hari raya Idulfitri 1 syawal 1439 H jatuh hari ini, Sabtu (15/6/2018).

"Kami sepakat menggelar salat Id pada tanggal 16 Juni," kata juru bicara CIA Abdul Hakim Ma Jie sebagaimana dikutip dari Antara.

Dengan adanya keputusan tersebut, maka Masjid Niujie, salah satu masjid tertua di Ibu Kota China itu menyelenggarakan salat Idulfitri pada pagi hari waktu setempat.

Meski begitu, beberapa masjid di daratan Tiongkok telah menyelenggarakan shalat Idulfitri kemarin. Berdasar informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, beberapa masjid di wilayah Shanghai, Tianjin, dan Wuxi (Provinsi Jiangsu).

Konsulat Jenderal RI di Shanghai menyelenggarakan salat Idulfitri juga pada hari Jumat. "Kami menyelenggarakan salat Idulfitri di Wisma RI pada pagi ini," kata Konsulat Jenderal RI untuk Shanghaim Siti Nugaraha Mauludiah.

Demikian pula dengan KJRI Guangzhou yang menyelenggarakan shalat Idul Fitri lebih dulu pada Jumat pagi. "Salat Id akan dilaksanakan pagi ini pukul 08.00 (07.00 WIB)," kata Konsulat Jenderal RI untuk Guangzhou, Gustanto.

Ribuan tenaga kerja Indonesia di Hong Kong juga menggelar Shalat Idulfitri pada Jumat dengan difasilitasi KJRI setempat. "Selain di Victoria Park, kami juga menggelar salat Id di beberapa tempat lain," kata Konsulat Jenderal RI untuk Hong Kong, Tri Tharyat.

Tidak ketinggalan pula dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei yang memfasilitasi penyelenggaraan salat Idulfitri di 23 tempat yang tersebar di seluruh wilayah Taiwan.

"Kami dan sejumlah ormas Islam Indonesia di Taiwan menyelenggarakan salat Id pada hari Jumat," kata Kepala KDEI Taipei Robert J Bintaryo dalam surat keputusan bersama yang ditandatangani pucuk pimpinan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Taiwan, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan, Majelis Taklim Yasin Taipei (MTYT), Keluarga Muslim Indonesia Taiwan (KMIT), dan Forum Mahasiswa Muslim Indonesia Taiwan (Formmit).

Sementara itu, Kedutaan Besar RI di Beijing mengikuti keputusan pemerintah China melalui CIA untuk menyelenggarakan salat Idulfitri pada Sabtu pagi. "Besok pagi salat Idulfitri digelar di halaman Wisma Indonesia mulai pukul 09.00 (08.00 WIB)," kata Koordinator Fungsi Protokol dan Kekonsuleran KBRI Beijing Ichsan Firdaus.

Tags : eramadan lebaran