Innalilahi, Sempat Meminta Maaf, Eko Kuntadhi Tak Tertolong, Benarkah?

| 30 May 2022 12:38
Innalilahi, Sempat Meminta Maaf, Eko Kuntadhi Tak Tertolong, Benarkah?
Eko Kuntadhi (Tangkapan layar Cokro TV)

ERA.id - Kanal YouTube dengan nama “PEJUANG MUDA” mengunggah sebuah video berjudul “Innalillahi ~ Eko kuntadi tak tertolong, Tangis keluarga tak terbendung”. Video tersebut menggunakan foto Eko Kuntadhi yang terbaring di ranjang rumah sakit sebagai thumbnail dan telah ditonton sebanyak 135.866 kali.

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Senin (30/5/2022), Eko Kuntadhi tidak meninggal. Eko masih aktif di akun media sosialnya. Ia juga telah membantah kabar bahwa dirinya meninggal dunia melalui akun Instagram resminya.

Lebih lanjut, foto yang digunakan sebagai thumbnail video tersebut merupakan foto hasil suntingan. Foto serupa telah digunakan sebagai thumbnail video yang diunggah oleh kanal YouTube “Tribunnews” pada 6 April 2020, dalam video berjudul “Pasien Positif Corona di Sumatera Nekat Naik Ojek ke Rumah Orangtua, Minta Dijemput Petugas”.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh kanal YouTube dengan nama “PEJUANG MUDA” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

Rekomendasi