Menteri LHK Minta Buaya di Tanjung Priok Tak Ditembak

| 17 Jun 2018 12:43
Menteri LHK Minta Buaya di Tanjung Priok Tak Ditembak
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Menteri Lungkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengimbau agar masyarakat tidak menembak buaya yang berkeliaran di Dermaga Pulau Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/6) lalu, tetapi menyarankan sebaiknya reptil tersebut dijaring saja.

Siti Nurbaya meminta hewan tersebut tidak ditembak. Namun perlu disiapkan langkah evakuasi segera agar tidak mengancam keselamatan masyarakat sekitar.

"Kami sudah meminta ke pihak Lantamal untuk tidak menembak dengan senjata api satwa tersebut. Buaya itu sekarang berada di air asin yang bukan habitatnya, lama-lama bisa mati," kata Siti Nurbaya dalam keterangan tertulisnya yang diterima era.id di Jakarta, Minggu (17/6/2018).

Ia menambahkan, hewan reptil itu berada di perairan umum, sehingga perlu dievakuasi untuk alasan keselamatan masyarakat. Langkah-langkah evakuasi kata Menteri Siti dikoordinasikan dengan Lantamal (Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut) dan Manajemen Taman Impian Jaya Ancol. Selain itu sedang dilakukan identifikasi kejadian tersebut oleh lembaga konservasi.

Baca Juga : Soal Buaya, Tak Ada Rasa Takut Dari Pengunjung Ancol

 

"Hari ini tim lapangan KSDAE masih 'standby' di lapangan dengan pihak manajemen Ancol dan Lantamal. Jaring-jaring pengaman ke batas Ancol juga sudah terpasang," kata dia.

Hingga kini belum diketahui fenomena yang menyebabkan buaya tersebut berkeliaran di sekitar pantai atau laut. Untuk itu ia telah meminta Dirjen KSDAE dan direktur terkait untuk terus mencari informasi apakah buaya tersebut dilepas, terlepas atau ada hal lainnya.

Baca Juga : Basarnas Sisir Pondok Dayung Cari Buaya

"Pada dasarnya buaya merupakan satwa air tawar. Diperkirakan buaya tersebut lepas dari penangkaran atau lepas waktu banjir. Ini akan kita selidiki," kata Siti Nurbaya.

Dia sudah minta jajaran terkait untuk mengecek semua lembaga konservasi atau penangkaran di sekitar Pluit. "Kecil sekali kemungkinan buaya tersebut berada di lokasi tersebut karena faktor alam," katanya.

Sebelumnya, buaya tersebut ditembak saat menampakan diri di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Jumat (15/6). Tembakan itu mengenai dua titik di bagian tubuhnya, namun buaya itu menghilang kembali.

Rekomendasi