Ada 3.200 Kasus Cacar Monyet di Seluruh Dunia, Bill Gates Diduga Lagi Siapkan Miliaran Vaksinnya, Benarkah?

| 25 Jun 2022 15:06
Ada 3.200 Kasus Cacar Monyet di Seluruh Dunia, Bill Gates Diduga Lagi Siapkan Miliaran Vaksinnya, Benarkah?
Hoaks Bill Gates siapkan vaksin cacar monyet. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Di tengah semakin bertambahnya kasus cacar monyet di seluruh dunia, beredar isu yang menyebut bahwa Bill Gates kini tengah menyiapkan miliaran vaksin cacar monyet.

Informasi itu beredar lewat video di TikTok yang menunjukkan Bill Gates sedang mengunjungi gudang vaksin Cacar Monyet, narasi dalam video tersebut menyebutkan bahwa Bill Gates telah menyiapkan miliaran vaksin Cacar Monyet, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Narasi:

"Jgn risau B.G dah stand by brbillion dose vax monkeyfox…"

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, klaim tersebut salah. Faktanya video yang menunjukkan Bill Gates sedang mengunjungi gudang tersebut merupakan gudang penyimpanan Vaksin Covid-19, tempat tersebut bernama Gudang HOPE Consortium yang berada di Abu Dhabi tersebut dikunjungi Bill Gates pada Mei 2022.

Selain itu, dilansir dari AFP Bill & Melinda Gates Foundation membantah klaim tersebut.

Dengan demikian klaim Bill Gates Menyiapkan Miliaran Vaksin Cacar Monyet merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Untuk diketahui, lebih dari 3.200 kasus yang terkonfirmasi cacar monyet dan satu kematian dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai bagian dari wabah saat ini.

Rekomendasi