Abu Janda Diduga Sebar Video Hoaks Anies Soal ACT, Eko Widodo: Hukum Tumpul ke Buzzer Peliharaan!

Tim Editor

Abu Janda (Instagram)

ERA.id - Pegiat media sosial Eko Widodo angkat bicara terkait dengan aksi Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda mengunggah video editan Anies Baswedan terkait lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Eko Widodo mempertanyakan tidak adanya tindakan hukum terhadap Abu Janda karena mengunggah video hoaks.

Dia pun membandingkan kasus Abu Janda dengan aksi Roy Suryo yang hanya mengunggah ulang meme editan stupa berwajah Jokowi, namun banyak pihak yang meminta agar Mantan Menpora tersebut ditangkap.


"Roy Suryo repost editan wajah Jokowi, Warga kolam pada teriak2 minta DITANGKAP. Abu Janda tercyduk sebar hoax & fitnah keji edit video Anies, Congornya pada kemana.. hukum tumpul ke buzzer peliharaan!," jelas Eko Widodo pada Kamis (7/7/2022).

Sebelumnya, Permadi Arya atau Abu Janda mendiskreditkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan mengunggah sebuah video pidato Anies yang menyinggung soal Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Sayangnya, video itu telah diedit sedemikian rupa. Intinya, ucapan Anies dibingkai seolah-olah menyebut kalau kerja-kerja ACT hanyalah demi keuntungan semata.

Dilihat pada Kamis (7/7/2022), unggahan video itu disukai ribuan akun. "Pak @aniesbaswedan menjelaskan sistem ACT Aksi Cuan Terus (Parodi) akhirnya jadi jelas setelah dijelaskan pak anies. ngopi gaes. Parodi = humor plesetan buat lucu lucuan," tulis Abu Janda dalam keterangan video.

"Bahwa ACT menciptakan suatu sistem di mana mereka yang kekurangan memberikan kepada mereka yang berpunya, mereka yang membutuhkan memberikan kepada mereka yang berlebih, sistem ini merupakan sebuah pendekatan yang amat menarik dan ini adalah salah satu contoh inovasi profit tapi insyaallah this is always for benefit," demikian yang diucapkan Anies di video unggahan Abu Janda, yang notabene adalah hoaks.

Adapun video asli itu sudah tayang di kanal YouTube ACT pada 2 Mei 2020. Dalam video yang diunggah ACT, tentu saja Anies tak berbicara seperti yang diunggah dalam video Abu Janda.

Tag: abu janda roy suryo Video Editan Anies Eko Widodo anies Video Editan Anies ACT hoaks Abu Janda edit video Anies ACT for Benefit

Bagikan: