Puncak Haji Akbar, Intip Suasana di Dalam Tenda Jemaah Haji Indonesia di Arafah, Ada Kasur hingga Selimut

| 08 Jul 2022 13:55
Puncak Haji Akbar, Intip Suasana di Dalam Tenda Jemaah Haji Indonesia di Arafah, Ada Kasur hingga Selimut
Aktivitas jamaah calon haji di tenda menjelang wukuf di Arafah, Jumat (8/7/2022) (ANTARA/Desi Purnamawati)

ERA.id - Sejak Kamis jemaah calon haji mulai diberangkatkan ke Arafah. Rencananya mereka akan melaksanakan puncak haji, wukuf pada Jumat 9 Dzulhijjah serta rangkaian ibadah haji lainnya seperti mabit di Muzdhalifah dan Mina serta melempar jumrah.

Sejumlah calon haji Indonesia merasa nyaman bermalam dan beristirahat di Arafah. Salah satu alasanya karena fasilitas yang disiapkan pada musim haji tahun 2022 cukup baik.

"Nyaman di sini, ada kasur baru bantal baru, selimut juga disediakan masih dibungkus plastik," kata Agus subagio (52) calon haji asal Pamekasan Madura yang tergabung dalam Kloter 23 SUB di Arafah, Jumat (8/7/2022).

Menurut dia, dari cerita orang tuanya yang naik haji 2015, fasilitas yang tersedia saat ini jauh lebih baik dibandingkan dulu yang hanya beralaskan karpet.

Jamaah haji sebelumnya langsung tidur di atas karpet tanpa alas apapun, sedangkan saat ini tersedia kasur dan bantal serta selimut. AC juga nyaman dan dingin meski tenda penuh oleh jamaah.

Begitu juga dengan toilet tersedia cukup dan tidak terlalu antre serta airnya mengalir lancar. Makanan yang disiapkan juga cukup bervariasi bahkan menurut Agus rasanya lebih enak dibandingkan dengan yang disiapkan di hotel.

Hal senada juga disampaikan Nisa Faqih hairani (53) dan adiknya Ikhwani mufida (47) yang tergabung dalam kloter 21 SUB asal Gresik.

Mereka merasa nyaman dengan fasilitas yang disiapkan di tenda di Arafah. Baik itu makanan, fasilitas tidur maupun makanan.

"Tidur pulas karena capek dan doyan tidur, dinikmati saja," kata Nisa sang kakak.

Rekomendasi