Pemilu Presiden dan Anggota Parlemen Turki

Tim Editor

Pilpres di Turki (Twitter Anadolu)

Turki, era.id - Pemilihan Presiden (pilpres) Turki resmi digelar hari ini. Setidaknya ada lima orang capres atau penantang bagi Presiden Recep Tayyip Erdogan yang akan saling bertarung dalam mengumpulkan suara. Yuk kita berkenalan dengan mereka semua.

Dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Erdogan (64) kembali mencalonkan diri sebagai kandidat incumbent dalam pilpres tahun ini. Erdogan telah menjabat sebagai Presiden Turki sejak terpilih pada tahun 2014.

Nah dalam pilpres ini, Erdogan menjadi capres untuk Aliansi Rakyat, yang merupakan koalisi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang menaunginya dengan Partai Pergerakan Nasionalis (MHP). Menariknya, pada pemilu kali ini partai-partai politik di Turki saling membentuk aliansi.

Selain Erdogan, ada lima kandidat lainnya yang mencalonkan diri dalam pilpres ini. Mereka adalah Muharrem Ince (54) merupakan capres dari Partai Rakyat Republik (CHP), Selahattin Demirtas (45) menjadi capres untuk Partai Demokratik Rakyat (HDP), Dogu Perincek (76) capres dari Partai Patriotik (Vatan) dan Temel Karamollaoglu (77) capres dari Partai Felicity (Saadet).
 

Terakhir adalah Meral Aksener (61) yang jadi satu-satunya kandidat wanita dalam pilpres tahun ini. Aksener yang merupakan capres untuk Partai Good (IYI) ini, dan pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri serta wakil Ketua Parlemen Turki di tahun 2016.

Dalam pemilu tahun ini warga Turki tak hanya akan memilih presiden tapi juga anggota parlemen. Sebabnya, pemenang pilpres nantinya akan memiliki kekuasaan eksekutif baru di bawah referendum konstitusi tahun lalu, yang memutuskan menghapus peran PM dan memusatkannya ke Presiden

Total ada 59,39 juta pemilih yang terdaftar dalam pemilu tahun ini. Jumlah itu termasuk 3,047 juta pemilih di luar negeri. Sebanyak 180.065 kotak suara telah disebar ke 81 provinsi di Turki. Sedangkan total 3.160 kotak suara disediakan di sekitar 123 misi diplomatik Turki di sebanyak 51 negara.

Pemungutan suara akan dimulai pada Minggu (24/6) pagi, sekitar pukul 09.00 waktu setempat hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Tag: pilpres turki recep tayyip erdogan

Bagikan: