Kacau, Rambu Lalu Lintas di Sukabumi Hilang Dicuri, Polisi Resah

| 13 Jul 2022 19:03
Kacau, Rambu Lalu Lintas di Sukabumi Hilang Dicuri, Polisi Resah
Ilustrasi polisi (ERA.id)

ERA.id - Berbagai rambu lalu lintas berkelok, menanjak, dan menurun di sepanjang jalur Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, hilang dicuri.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi kini mendatanya. Menurut Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Bagus Yudho, selain rambu lalu lintas, polisi juga menemukan sejumlah baut penyangga guardrail atau besi pengaman dan pembatas yang juga hilang. "Diduga dilakukan pelaku yang sama atau tidak menutup kemungkinan kelompok yang berbeda," tutur Bagus.

Kasus pencurian rambu dan baut guardrail tidak hanya merugikan negara, tetapi bisa menyebabkan kecelakaan karena di jalur Geopark Ciletuh Palabuhanratu banyak tikungan ekstrim, tanjakan, dan turunan curam, jurang yang dalam.

Keberadaan rambu penting bagi pengendara pun lebih sebagai petunjuk dan informasi kondisi medan jalan yang akan dilalui. "Kami sudah berkoordinasi dengan Pengelola Jalan PPK 2.3 Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker PJN) Wilayah II Provinsi Jawa Barat dengan Satreskrim Polres Sukabumi untuk segera dibuatkan laporan," katanya.

Bagus mengatakan dari hasil pemeriksaan dan pendataan, kasus pencurian itu terjadi di dua lokasi rawan kecelakaan, maka dari itu pihaknya meminta PPK 2.3 dan PPK 2.2 untuk mendata titik mana saja yang rawan pencurian tiang rambu.

Selain itu, untuk antisipasi terjadinya kembali pencurian rambu lalu lintas, pihaknya mengerahkan personel untuk berpatroli khusus di lokasi tersebut, sekaligus memantau jalur untuk mengawal pengendara yang melintas.

Rekomendasi