Dipanggil KPK, Nowela Ungkap Soal Undangan Nyanyi dari Bupati Mamberamo Tengah: Acara Partai Demokrat

| 29 Jul 2022 19:09
Dipanggil KPK, Nowela Ungkap Soal Undangan Nyanyi dari Bupati Mamberamo Tengah: Acara Partai Demokrat
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Penyanyi Nowela Elizabeth Auparay menjelaskan kepada Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal undangan bernyanyi oleh Bupati Mamberamo Tengah, Papua, Ricky Ham Pagawak (RHP) dalam sebuah acara.

KPK memeriksa juara ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014 itu sebagai saksi untuk tersangka RHP dalam penyidikan kasus dugaan korupsi berupa pemberian dan penerimaan suap serta gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah, Papua.

"Jadi, kebetulan memang saya pernah diundang nyanyi, dimintai keterangan itu saja," kata Nowela usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Ia mengatakan undangan bernyanyi digelar pada 2021 yang merupakan acara dari Partai Demokrat. RHP diketahui merupakan kader Partai Demokrat.

Ia mengaku dikonfirmasi penyidik soal aliran dana dari RHP.

"Ya pokoknya itu profesional saya, nyanyi sih. Jadi, kontraknya sebenarnya sama manajer saya, kontraknya, cuma memang kebetulan karena nama saya yang nyanyi, jadi saya dimintai keterangan," ujar Nowela.

Kendati demikian, ia tidak merinci jumlah uang yang diterima dari RHP sebagai honor dia bernyanyi. Selain itu, kata dia, tim penyidik belum memintanya untuk mengembalikan uang tersebut.

"Tidak sih, saya cuma diminta keterangan saja," kata Nowela.

Terkait kasus tersebut, KPK akan menyampaikan pada publik mengenai pihak-pihak mana saja yang ditetapkan sebagai tersangka, kronologi uraian perkara hingga pasal apa saja yang disangkakan ketika penyidikan cukup, dan telah dilakukan upaya paksa penangkapan maupun penahanan.

KPK telah memasukkan tersangka RHP dalam daftar pencarian orang (DPO) setelah diduga melarikan diri ke Papua Nugini.

KPK memastikan akan terus mencari keberadaan RHP dan segara menyelesaikan kasus yang menjeratnya tersebut.

Rekomendasi