Alasan PDIP Jadi Pendaftar Peserta Pemilu 2024 Pertama di KPU

ERA.id - PDI Perjuangan mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Umun (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). PDIP menjadi parpol pertama yang mendaftar.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan kepada Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP Bambang Wiryanto untuk menyerahkan dokumen pendaftaran ke Ketua KPU Hasyim Asyari.

"Dengan demikian Mas Bambang Pacul Wuryanto dalam kapasitas mewakili ibu ketua umum dan proses verifikasi parpol selanjutnya akan dilakukan," kata Hasto di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Hasto mengatakan pihaknya menjadi pendaftar pertama karena partainya memang sudah siap. “Karena menunjukkan kesiapsiagaan dari seluruh jajaran partai,” kata Hasto.

PDIP yakin sudah memenuhi seluruh kesiapan kesiapan adminustratif yang dpersyaratkan.

Sementara Wasekjen PDIP yang juga Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP, Arif Wibowo mengatakan, seluruh kelengkapan syarat dipenuhi pihaknya.

Yang administratif terdiri dari kepengurusan partai, keterwakilan perempuan, kantor partai, dan keanggotaan partai. "Sudah kita lengkapi semua," kata Arif.

Menyangkut keanggotaan partai, Arif mengatakan, KPU akan menindaklanjuti dengan proses verifikasi. Jika semua sudah sesuai, diharapkan pada Desember tahun ini, PDIP bisa ditetapkan resmi sebagai parpol peserta pemilu.

“Kami juga merasa bahagia karena seluruh kelengkapan administratif yang diperlukan sudah kita penuhi dan tentu saja ini menunjukkan bahwa kami PDI Perjuangan telah memenuhi seluruh syarat yang dibutuhkan di dalam pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol peserta pemilu 2024,” kata Arif.

“Jadi sekali lagi sudah memenuhi seluruh syarat administratif yang diperlukan di dalam pendafraran parpol untuk menjadi parpol peserta pemilu tahun 2024,” pungkasnya.

Untuk diketahui, KPU mulai membuka pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024 mulai Senin (1/8) hingga 14 hari ke depan. Di hari pertama pendaftaran, akan ada 11 partai politik yang mendaftar. Mulai dari PDIP, NasDem, PKB, dan PKS akan mendaftar hari ini.