Kominfo Klaim Akses Steam Hingga Dota Sudah Kembali Normal, Sementara Paypal Bakal Daftar PSE Dalam Waktu Dekat

ERA.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan update status terkait Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang telah diputus aksesnya.

Juru bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan berhasil berkomunikasi dengan Steam, Dota dan CS Go.  Usai komunikasi tersebut, maka akses terhadap layanan telah kembali normal.

Selain itu, pihaknya juga telah berhasil berkomunikasi dengan Paypal. Pihak Paypal kata dia telah menyampaikan komitmen untuk mendaftar layanan PSE dalam waktu dekat.

"Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat," jelas dia.

Seperti diketahui, Kementerian Kominfo memblokir sejumlah situs dan layanan sejak Sabtu (29/7) karena mereka tidak mendaftar sebagai PSE yang beroperasi di Indonesia. Layanan yang diblokir antara lain adalah Yahoo Search, game online Steam, Dota 2, Counter-Strike Global Offensive dan platform distribusi digital Origin.

Sementara situs PayPal untuk sementra dibuka blokirannya agar masyarakat yang masih memiliki dana di situs itu bisa menarik dan memindahkannya ke situs lain.