Syuting di Rusun Tak Berpenghuni, Semua Kru dan Pemain Pengabdi Setan 2 Dilarang Masuk Lantai 7, Ada Apa?

ERA.id - Joko Anwar mengungkapkan bahwa selama syuting film Pengabdi Setan 2: Communion terdapat peristiwa mistis yang terjadi. Diketahui bahwa film tersebut mengambil latar tempat sebuah rumah susun (rusun) di Jakarta yang sudah tidak dihuni selama 15 tahun.

Saat syuting di lokasi tersebut, Joko menyebut bahwa pihak mereka tidak diperbolehkan untuk memasuki lantai 7 rusun tersebut. Ia mengaku tak mengetahui alasan pastinya, tetapi warga setempat sudah melarang.

"Lantai 7 (nggak boleh dimasukin). Nggak tahu (penyebabnya) ya, tapi orang situ bilang begitu. Masyarakat situ ingatkan begitu," ujar Joko Anwar saat konferensi pers di XXI Epicentrum, Jakarta, pada Selasa (2/8/2022).

Joko menyampaikan bahwa selama syuting mereka mengalami kejadian mistis. Namun, mereka hanya membawa suasana menjadi senang untuk mengurangi ketakutan agar syuting berjalan dengan lancar.

"Ada (kejadian yang mistis). Tapi kita selalu bikin itu happy ya. Misalnya ini ya kita jadi nggak perlu tambah CGI. Ada yang mau masuk kamera, silahkan, silahkan," jelasnya sambil bercanda.  

Lebih lanjut, Joko Anwar pun menjelaskan mengenai keadaan rumah susun tersebut yang memang sudah tidak dihuni selama 15 tahun. Ia menemukan lokasi tersebut dengan bantuan salah satu followersnya di Twitter.

"Memang sudah kosong selama 15 tahun, mungkin itu karena nggak layak huni kali ya. Kita menemukan atas bantuan netizen. Nanti akan kita berikan special thanks di akhir film" pungkas Joko Anwar.

Sementara itu, film Pengabdi Setan 2: Communion akan tayang di bioskop mulai 4 Agustus 2022 mendatang. Sebelumnya, film ini lebih dahulu tayang di IMAX pada 30 Juli 2022 mendatang. Dengan itu juga secara resmi film tersebut menjadi film Indonesia pertama sekaligus pertama di Asia Tenggara yang bisa tayang di IMAX.