Kantor Panwaslu Jaya Wijaya Dirusak

Jakarta, era.id - Pelaksanaan pilkada serentak di beberapa kota berlangsung aman dan terkendali, namun kejadian kericuhan terjadi di Kantor Panwaslu di Kabupaten Jaya Wijaya, Papua. Sekelompok masa membakar area perkantoran pengawas pemilu tersebut.

"Tadi pagi telah terjadi pembakaran di kantor panwaslu kabupaten Jaya Wijaya. Namun tidak sampai membakar kantor hanya membakar sampai teras," ujar Bagja di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2018).

Kata Bagja, kebakaran tersebut telah dapat ditangani oleh aparat Polres Jaya Wijaya, Brimob, dan juga masyarakat setempat. Sekarang, kantor juga sudah dilakukan perbaikan.

"Sampai sekarang sudah ada perbaikan di kantor Panwaslu Jaya Wijaya," kata Bagja.

Belum diketahui alasan dan siapa oknum dibalik peristiwa pembakaran area Kantor Panwaslu di Kabupaten Jaya Wijaya itu.

Menurut Bagja, kondisi Papua di beberapa daerah memang kurang kondusif untuk menggelar pilkada serentak. Terlihat dari 1 Kabupaten di sana, yakni Kabupaten Nduga yang tidak melaksanakan pemungutan suara hari ini karena adanya kontak senjata. 

"Sehingga kami harapkan aparat kemanan bisa dapat membantu teman-teman di Papua untuk melaksanakan pengawasan pilkada," harapnya.

Untuk diketahui, selain Kabupaten Nduga, ada 2 kabupaten lainnya di Provinsi Papua yang tidak melaksanakan pemungutan suara hari ini. Pertama Kabupaten Paniai akibat permasalahan pencalonan dan kedua, di Kabupaten Yahukimo akibat persoalan pendistribusian logistik

Tag: