Tak Undang Pimpinan Parpol KIB ke Rakernas, PAN Menjawab: Ini Acara Internal

ERA.id - Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yaitu Partai Golkar dan PPP, tak diundang ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN pada hari ini.

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan, alasan partai tak mengundang KIB, karena Rakernas ini bersifat internal.

"KIB enggak (diundang) ini sangat internal, kita mau bicara dari hati ke hati, belum bisa kita publish," kata Yandri di acara Bimtek DPRD PAN di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

KIB, kata Yandri, juga tidak datang ke acara puncak Rakernas PAN. Adapun agenda utamanya yaitu pengumuman calon presiden (capres) 2024 yang akan dipilih PAN.

"Enggak. Kita tetap putuskan internal. Kita fokus untuk internal," kata Yandri.

Menurut Yandri, akan ada waktu khusus untuk menyampaikan capres pilihan PAN kepada partai politik lain yang tergabung di KIB.

Seperti diketahui, Partai Golkar, PAN dan PPP membentuk poros koalisi untuk menyongsong Pemilu 2024 mendatang.

"Nanti setelah hasil pengumuman, kita akan ahak rembuk KIBdengan partai lain," kata Yandri.

Sejuah ini, kata Yandri, para kader di daerah sudah menyampaikan sejumlah nama yang direkomendasikan untuk dipilih sebagai capres 2024. Diantaranya seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Nama-nama itu nantinya akan dipilihh dan diumumkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di acara puncak Rakernas di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8) malam.