PDIP Akan Jadwalkan Safari Politik ke PKS dan Partai Demokrat, Kapan?

ERA.id - PDI Perjuangan tidak hanya melakukan safari politik dengan partai pendukung pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saja. Partai berlambang banteng itu juga mengagendakan bertemu dengan partai di luar pemerintahan seperti PKS dan Partai Demokrat.

"(Safari politik PDIP) juga akan ke PAN, ke Demokrat dan PKS," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Sejauh ini, kata Utut, Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang ditugasi melakukan safari politik sudah mengunjungi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Rencananya, sebelum bertemu dengan Prabowo, PDIP hendak bersafari politik ke Partai Golkar namun batal. Sebab, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato harus mendampingi Presiden Joko Widodo ke acara pernikahan anak Gubernur Lampung.

"Jadi segera aja kita ke Pak Airlangga, setelah itu Cak Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar)," kata Utut.

Terkait dengan rencana safari politik PDIP ke PKS dan Demokrat, Utut mengaku belum menjadwalkannya. Lagi pula, tim advance untuk menjabatani pertemuan PDIP dengan PKS dan Demokrat bukan dirinya.

"Belum. Yang ditugaskan bukan saya tapi nanti akan ke semua titik, ada yang ditugasin ke partai ini, partai ini," kata Utut.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI menambahkan, pertimbangan PDIP sebelum bertemu dengan partai-partai politik hanya sebatas menyesuaikan jadwal dari kedua belah pihak.

Dia membatah ada daftar khusus yang sudah dibuat sebelum PDIP melakukan safari politik.

"Kita akan ketemu ke semua partai. Urut-urutannya diatur semata-mata karena ketersediaan waktu, bukan prioritas atau preferesni," kata Utut.