Rilis Jersey Teranyar, Timnas Denmark Kritik Qatar Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia Lewat Makna yang Tersirat

ERA.id - Timnas Denmark baru saja merilis jersey baru mereka untuk piala dunia 2022, 20 November 2022.

Perusahaan Hummelsport (Hummel) selaku pembuat jersey Denmark, dia membagikan foto ketiga jersey Denmark. Ada warna merah untuk bermain di kandang, putih untuk bertandang, dan hitam untuk seragam ketiganya. Jersey tersebut memiliki konsep warna senada.

Jersey timnas Denmark. (Instagram/@hummelsport)

Di balik perilisan jersey Denmark, ada pesan yang dianggkat melalui ketiga jersey tersebut. Hummelsport mengatakan, jersey ini dibuat sebagai bentuk protes mereka terhadap pelanggaran HAM, yang dilakukan oleh Qatar saat persiapan Piala Dunia.

"Dengan jersey baru tim nasional Denmark, kami ingin mengirim pesan ganda. Jersey ini tidak hanya terinspirasi oleh Euro 92, tetapi juga protes terhadap Qatar dan catatan hak asasi manusianya," tulis Hummel, (29/9).

Banyak pekerja yang tewas dalam pembangunan infrastruktur untuk Piala Dunia. Selain itu, Qatar juga dinilai tutup mata dengan kejadian tersebut.

Hummel mengatakan, mereka menngatakan akan terus mendukung timnas Denmark berlaga, namun tidak mendukung Qatar jadi tuan rumah.

"Sementara kami mendukung tim Denmark sepenuhnya. Jadi ini tidak boleh disamakan dengan dukungan terhadap Qatar sebagai tuan rumah yang merenggut nyawa ribuan orang." tulis Hummel.

Hummel juga percaya, bahwa sepakbola menyatukan semua orang.

"Kami percaya bahwa olahraga harus menyatukan orang. Dan ketika tidak, kami akan protes," tutup Hummel.

Melihat hal itu, pihak dari Qatar buka suara soal kritikan dari Hummel.

“Kami membantah klaim Humel bahwa turnamen ini telah merenggut nyawa ribuan orang. Selain itu, kami menolak pernyataan bahwa kami meremehkan komitmen tulus untuk melindungi kesehatan & keselamatan 30.000 pekerja,” dikutip dari CBS Sport.