Berpengaruh pada Tumbuh Kembang Anak, 4 Tips Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik

ERA.id - Menjadi orang tua bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Untuk menjadi orang tua dibutuhkan persiapan yang matang, tak hanya mental, tetapi juga cara merawat dan menjaga anak dengan baik.

Untuk belajar menjadi orang tua yang lebih baik, terdapat buku "Agar Anda Siap Jadi Ayah dan Bunda" dan buku "Pemenuhan Apik untuk Tumbuh Kembang Anak Terbaik" yang bisa dibaca. Kedua buku ini disampaikan hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi orang tua mulai dari fisik hingga mental, demi tumbuh kembang anak yang baik.

Selain itu, pada acara virtual media gathering, Komisioner KPAI, Retno Listyati, M. Si, memberikan tips menjadi orang tua yang lebih baik untuk anak. Apa saja tipsnya? Simak langsung di bawah ini.

1. Kesehatan mental orang tua

Tips jadi orang tua yang lebih baik (Unsplash.com/Xavier Mouton Photographie

Saat memutuskan untuk memiliki anak, maka kesiapan diri dan mental diperlukan. Mental orang tua yang sehat saat memiliki anak sangat memengaruhi tumbuh kembang anak tersebut.

"Kesehatan mental itu sangat penting. Kalau ingin anak kita tumbuh dengan baik, satu hal utama adalah memiliki orang tua yang sehat secara mental," tutur Retno Listyarti, lewat virtual media gathering, pada Jumat (30/9/2022).

2. Beri perhatian yang cukup untuk anak

Perlu diketahui, bahwa saat bertumbuh, anak membutuhkan perhatian dari orang tuanya. Perhatian dari orang tua akan berpengaruh baik bagi kesehatan mental si anak, karena mereka akan merasa terlindungi.

"Perhatian orang tua itu juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental anak. Ini membuat anak yang mengalami masalah bisa cerita, dipeluk orang tuanya, dikuatkan," kata Retno.

3. Ajarkan anak untuk menghadapi masalah

Ajarkan anak untuk menghadapi masalah yang ia temui sejak dini. Mulai ajarkan mereka untuk menyelesaikan masalah dari hal kecil, sehingga ke depannya mereka akan berusaha menyelesaikan masalah dengan baik.

"Kita harus bekali dan beri pemahaman pada anak bahwa masalah itu ada untuk diselesaikan bukan dihindari. Ketika punya anak, maka dari kecil sudah diajarkan untuk menyelesaikan masalah dari hal kecil dulu," jelasnya.

4. Dukung potensi anak

Tips lainnya agar menjadi orang tua yang lebih baik adalah mendukung potensi yang dimiliki oleh anak. Jangan patahkan semangat atau gagasan ide mereka dengan perkataan yang tidak baik.

"Dukung potensi dan semua yang sudah diusahakan oleh anak kita. Jangan memberikan perkataan yang membuat anak itu kehilangan semangat melakukan hal yang mereka sukai. Jangan jatuhkan mereka dengana ide-ide yang mereka berikan," pungkas Retno.