Cara Memilih Platform Bursa Crypto yang Baik

ERA.id - Ketika sudah mengetahui tentang seluk beluk tentang crypto, maka langkah yang paling banyak jadi pertanyaan bagi pemula adalah platform bursa crypto mana yang melayani penggunanya dengan baik.

Sekarang ini sangat banyak bursa crypto yang ada di internet. Bahkan platform tersebut seakan berlomba memberikan fitur-fitur dan layanan kepada penggunanya untuk trading atau sekadar investasi aset digitalnya.

Dilansir dari berbagai sumber, agar kamu tidak bingung lagi dalam memilih bursa crypto, maka ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk mendapatkan platform terbaik, diantaranya:

1. Keamanan

Tips pertama adalah untuk mengetahui keamanan crypto exchange, kamu dapat mengetahui apakah pertukaran menggunakan cold wallet untuk menyimpan aset, menggunakan 2FA untuk menjaga akses pengguna, memiliki pemberitahuan kepada pengguna jika ada kegiatan yang mencurigakan, dll.

 Dengan mengetahui tingkat dan keamanan pertukaran crypto yang Anda pilih, Anda dapat berinvestasi lebih banyak dengan percaya diri karena keamanannya terjamin.

2. Memiliki legalitas hukum

Rahasia selajutnya adalah kamu harus memperhatikan terkait legalitas suatu bursa. perhatikan izin operasi dan undang-undangnya, di Indonesia undang-undang pertukaran kripto terdaftar di Bappebti. Dengan mendaftarkan bursa pada instansi pemerintah, berarti bursa tersebut telah lulus uji dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Dengan terlindungi undang-undang ini, maka pengguna bisa berinvestasi dengan tenang. Karena jika bursa melakukan kegiatan yang merugikan dan melanggar hukum, maka pengguna dapat membawanya kepada pihak berwajib dan mendapatkan perlindungan.

3. Tampilan

Langkah ketiga dalam memilih bursa crypto terbaik adalah dengan memperhatikan tampilan pada platform tersebut. Periksa apakah platform tersebut memberikan kemudahan dalam menggunakannya dan sederhana ketika dilihat.

Jika kedua bagian ini terpenuhi, maka proses investasi bisa menjadi mudah, karena tidak butuh waktu lama bagi pengguna untuk berinteraksi dan memahami cara kerja bursa crypto tersebut.

4. Cara Pembayaran

Tips lainnya adalah dengan melihat metode pembayaran yang ditawarkan, pilih exchange yang menawarkan pembayaran dalam mata uang fiat seperti Rupiah untuk mempermudah prosesnya.

Kemudian pilih exchange dengan metode pembayaran berbeda yang biasa digunakan. Misalnya, melalui transfer bank, dompet elektronik, dll.

5. Biaya

Salah satu yang kamu perhatikan ketika kamu memilih bursa crypto terbaik adalah biaya yang dikenakan oleh platform tersebut. Banyak bursa membebankan biaya kepada pihak ketiga selama proses deposit, perdagangan, dan penarikan.

Biaya juga bervariasi, pilih penukaran dan biaya yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Jangan memilih bursa crypto dengan biaya tinggi karena ini dapat menyebabkan kamu menghabiskan lebih banyak uang saat memproses transaksi.

6. Likuiditas

Semakin tinggi harga pasar, semakin fluktuatif likuiditas tersebut. Likuiditas memungkinkan untuk menyelesaikan transaksi dengan cepat, mudah dan tanpa kekhawatiran tentang perubahan harga. Periksa apakah bursa menawarkan harga "terkunci", yang menjamin harga selama perdagangan meskipun tidak segera diselesaikan.

7. Jumlah Aset Kripto

Tips selanjutnya, pilih pertukaran crypto yang menawarkan berbagai pilihan aset. Dengan cara ini kamu dapat membeli kripto yang berbeda, dengan cara ini kamu dapat mengubah aset portofolio aplikasi  dalam satu aplikasi yang akan memudahkan kamu  untuk mengelola dan mengembangkan aset.

8. Asuransi

Seringkali aspek ini tidak diperhatikan ketika memilih bursa crypto, tetapi sebenarnya poin ini juga sangat penting untuk menjamin uang yang kamu investasikan. Asuransi berguna untuk melindungi pertukaran dan pengguna dari kerugian yang tidak terduga, seperti ketika pertukaran berubah dan uang pelanggan hilang karena kesalahan pertukaran.

Dengan asuransi, ini berarti bursa biasanya memiliki uang yang dapat digunakan untuk membayar, tanpa asuransi, uang pengguna dapat hilang sama sekali dan tidak diganti.

9. Reputasi

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam memilih platform atau bursa crypto adalah reputasi dari bursa tersebut.  Kamu harus mengetahui seberapa bagus reputasi dari  bursa crypto, kamu dapat menemukannya di forum atau komentar di playstore.

Dengan reputasi yang baik, berarti bursa crypto ini mampu memuaskan penggunanya dan dapat membuat proses investasi kripto kamu lebih efisien dan bebas stres. Selain manfaatnya, periksa juga apakah bursa telah dikompromikan dan bagaimana mereka menanganinya, apakah mereka dapat memperbaikinya dengan sukses atau tidak.

10. Keaslian Perusahaan dan Layanan Pelanggan

Jika kamu tergolong pemula dalam dunia crypto, kamu tentu ingin bursa crypto dan layanan pelanggan mudah untuk mengetahui cara menggunakan bursa dengan benar. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan layanan pelanggan. Selanjutnya, validitas transaksi, kamu dapat memeriksa apakah bursa mengungkapkan pemilik, lokasi bisnis, dan anggotanya.

Dengan memahami perubahan tersebut, pengguna dapat berinvestasi dengan tenang, karena jika perubahannya besar, mereka dapat menghindari pembatasan hukum atau layanan yang diberikan tidak baik.

Itulah berbagai tips memilih crypto exchange terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai referensi saat ingin menggunakan crypto exchange dalam bisnis.

Rekomendasi Bursa Crypto Yang Tepat

Jika kamu kesulitan mencari tahu investasi cryptocurrency mana yang tepat untuk jangka panjang atau pendek, kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini. Sehingga nantinya, investasi yang kamu lakukan tepat sasaran.

Ada banyak penawaran menarik dalam mata uang digital atau aset kripto akhir-akhir ini yang mungkin menggoda. Tetapi untuk memulai, lebih baik pikirkan baik-baik, dan metode yang akan Anda gunakan di masa depan. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Pintu

Aplikasi Pintu di bawah PT Pintu Kemana Saja adalah platform trading bitcoin dan cryptocurrency pertama di Indonesia yang berfokus pada kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam membeli/menjual aset kripto melalui smartphone.

Pintu crypto berfokus pada layanan perdagangan kripto dalam aplikasi seluler yang mudah dipahami pengguna. Kamu dapat menyimpan, mengirim, dan memperdagangkan aset kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, dan lainnya, secara instan dan tanpa kerumitan.

Ada banyak manfaat nyata yang akan kamu dapatkan jika menggunakannya untuk mendapatkan crypto online dengan Pintu, termasuk:

1.       Kamu dapat menggunakan layanan ini tanpa mengunci aset yang ada.

2.       Keuntungan bunga kamu dapat menikmati transfer per jam hingga 4%.

3.       Kamu dapat menciptakan manfaat jangka panjang dan jangka pendek.

4.       Bebas biaya atau gratis.

5.       Untuk tujuan trading, kamu dapat menarik uang kapan saja.

2. Indodax

Pertukaran crypto terbaik selanjutnya di Indonesia adalah Indodax. Indodax di bawah naungan PT Indodax Nasional Indonesia adalah platform pertama untuk jual beli aset kripto di tanah air. Kamu bisa mendapatkan aplikasi Indidax di App Play Store di Apple App Store.

Aplikasi ini memiliki inspeksi identifikasi penelitian analitik untuk karyawannya. Trading Crypto di Indodax juga mudah dan sederhana. Platform crypto milik Indonesia saat ini memiliki 5,3 juta anggota yang dikonfirmasi, menurut situs resminya, Indodax.com. Aset kripto yang diperdagangkan juga beragam dan bervariasi, memperdagangkan lebih dari 200 aset kripto.

3. Toko Crypto

Aplikasi crypto selanjutnya adalah TokoCrypto. TokoCrypto adalah bursa aset digital untuk mentransaksikan aset kripto. Kamu bisa mendapatkan aplikasi TokoCrypto dari App Store. TokoCrypto dimiliki oleh PT. Keberkahan Crypto Indonesia.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah biaya jual beli yang murah dan tampilan aplikasi yang menarik dan bersahabat. Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak mendukung pembayaran dengan kartu kredit, minimum deposit yang sangat tinggi, dan minimum penarikan uang yang rendah.

Untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi kripto secara mudah, download Pintu: Jual/Beli Aset Digital oleh PT.Pintu Kemana Saja di App Store atau Play Store kamu sekarang! Selamat berinvestasi!