PKB Ajak PKS Gabung Koalisi, Gerindra Bilang Begini..

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut pihaknya tak mempermasalahkan keinginan PKB mengajak PKS bergabung ke dalam koalisi. Menurutnya, hal itu sesuai dengan kesepakatan Gerindra-PKB.

Dia mengatakan sejak awal Gerindra dan PKB memang bersepakat untuk membuka diri kepada partai politik manapun untuk bekerja sama menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Apa yang disampaikan Cak Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar) tentunya tidak bertentangan dengan keinginan kami untuk menjalin komunikasi dengan partai-partai lain," katanya Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/10/2022).

"Dan mengajak (partai politik lain) untuk sama-sama bekerja sama dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2024," imbuhnya.

Meski begitu, Dasco mengaku belum ada komunikasi khusus antara PKB dan Gerindra mengenai rencana untuk mengajak PKS bergabung. Namun, hal itu pun tak menjadi masalah.

Sebab, koalisi Gerindra-PKB mengusung semangat kebersamaan dalam membangun koalisi ke depan.

"Tidak perlu ada komunikasi khusus ya. Karena apa yang disampaikan oleh Cak Imin itu semangat kebersamaan kami ketika kami deklarasi bersama," paparnya.

Dasco juga mengaku belum ada komunikasi khusus antara PKS dengan Partai Gerindra. Tapi dia menduga, komunikasi sudah terjalin antara PKS dengan PKB.

"Sementara belum ya. Saya gatau kalu dengan PKB mungkin sudah dilakukan. Nanti kita akan tanyakan ke PKB sudah sejauh mana," kata Dasco.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan, koalisi partainya dengan Partai Gerindra masih terbuka bagi partai lainnya untuk bergabung.

Dia mengaku, sedang melakukan lobi-lobi dengan sejumlah partai untuk menambah jumlah anggota koalisi.

"Kita terus melakukan lobi-lobi dengan partai-partai lain, supaya anggota koalisi kita semakin banyak," kata Cak Imin di halaman Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (22/10/2022).

Terkait apakah ada partai politik yang sedang melakukan pendekatan dengan PKB atau Gerindra, Cak Imin mengaku belum tahu. Namun, dia berharap PKS mau bergabung dengan koalisinya.

"Belum tahu. Terus kita pendekatan. Saya barharap PKS bisa masuk," ucapnya.