Tampil di IMFW 2022, Batik Ardhanakarsa Karya Lia Afif X Pemkab Probolinggo Menawan dengan Desain Terbaru

ERA.id - Hari kedua Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2022, desainer Lia Afif hadir dan menyapa para penggemar fashion busana muslim bersama dengan hadirnya kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk menampilkan desain terbaru.

Lia Afif dalam gelaran tersebut dengan bangga hadir membawakan batik karya Pengrajin Batik Kabupaten Probolinggo dengan mengusung tema ‘Ardhanakarsa’.

Tema Ardhanakarsa sendiri memiliki makna sebuah tujuan bahagia. Diambil dari kata ‘Ardhana’ dari bahasa Sansekerta yang berarti keinginan atau kehendak dan ‘Karsa’ dari kata ‘Karsana dalam bahasa Sansekerta yang berarti bahagia.

Koleksi Ardhanakarsa ini dibuat dengan sebuah tujuan bahagia yaitu membuat setiap sosok yang mengenakannya menjadi istimewa.

Lia Afif X Pemkab Probolinggo di IMFW 2022

Menggunakan batik Probolinggo untuk ke 14 koleksinya yang memiliki warna-warna atraktif seperti electric blue, cream, mocca dan merah maroon, Lia Afif menampilkan koleksi yang terdiri dari sederet busana dengan ciri khasnya yang menawan.

“Ya temanya  sendiri saya pilih dari warna ini ya, warna electric.  Sebenarnya memamng agak susah dibikin untuk memnjadi satu kesatuan, jadi saya coba rabgkai keempat warna ini, ada suatu irama yang tumbul di situ, Alhamdullah banyak menimbulkan kombinasi warna yang berbeda,” kata Lia Afif saat berbincang dengan rekan media usai pagelaran fashion show, Jum’at, 28 Oktober 2022.

“Probolinggo kan memamng identik dengan karakter, di sana banyak sekali orang-orang pekerja,” sambungnya.

Potongan asismetris begitu padan dengan detail yang ditampilkan dengan artistik di setiap rancangannya, dalam siluet A dan I, untuk model dress, stelan palaso, long outer dan short outer.

Lia Afif X Pemkab Probolinggo di IMFW 2022

Dalam setiap sentuhannya, Lia Afif memberikan energi penuh dan utuh yang berkilau dalam koleksi Ardhanakarsa. Kebahagiaan yang dimiliki koleksi Ardhanakarsa akan terpancar pada setiap lelaki ataupun perempuan yang mengenakannya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Ir. Anung Widiarto, MM selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Probolinggo yang hadir mewakili Drs. H. Ahmad Timbul Prihandjoko selaku Wakil Bupati Probolinggo yang memberikan dukungan penuh kepada para pengrajin Batik khususnya dalam mengembangkan potensi Kabupaten Probolinggo termasuk potensi wisata yang tidak ada habisnya.

“Begini hal ini kami bekerjasama dengan bu Lia Afif, terima kasih telah membawakan Probolinggo di sini (IMFW),” kata Anung Widiarto.

“Ini bukan yang pertama, tapi Inshallah ini ketiga, bagaimana caranya kabupaten Probolinggo bisa tampil khusus ya produk UKM kita sehingga bisa dikenal di nasional itu adalah bagaimana kita membawakan di event nasional juga,” tambahnya.

IMFW yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 27-30 Oktober 2022 diharapkan membawa banyak dampak positif bagi seluruh aspek.

“Mudah-mudahan event-event ini menjadi virus yang baik, menyampaikan kepada pemkab yang lain agar potensi mereka lebih ditingkatkan dan dapat diolah lagi.

Saat ini ada sebanyak 25 pembatik yang ada dibawah naungan kami,” katanya.

Kolaborasi Lia Afif dan Pemerintahan Kabupaten Probolinggo ini diharapkan menjadi momentum peningkatan pendapatan masyarakat paska pandemi.

Kerjasama ini diharapkan terus berjalan agar dapat diperkenalkan kepada masyarakat luas. Sehingga ini menjadi sebuah upaya nyata yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.