Kasihan, Jokowi Tak Beri Ucapan HUT NasDem, Surya Paloh: Beliau Belum Sempat, Mungkin Sibuk

ERA.id - Presiden Joko Widodo total absen di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Partai NasDem, baik secara fisik maupun virtual melalui tayangan video.

Hal itu diketahui saat acara puncak HUT ke-11 Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Acara puncak itu hanya ada sambutan dari bakal calon presiden (bacapres) yang diusung Partai NasDem Anies Baswedan dan pidato Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saja. Kemudian dilanjutkan dengan potong tumpeng.

Ditemui usai acara, Surya mengaku memang Jokowi sampai detik ini belum menyampaikan ucapan HUT kepada Partai NasDem baik melalui rekaman video, maupun secara pribadi kepada dirinya.

"Jujur saja, Pak Jokowi belum sempat mengucapkan itu," katanya.

Surya juga tak mau terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Dia mengaku cukup memahami kesibukan Jokowi selaku kepala negara.

"Kenapa Pak Jokowi enggak kirim video? Ini kan ultah NasDem? Mau kirim video, itu bagus. Kalau enggak dikirim video mungkin karena kesibukan," katanya.

"Ya mudah-mudahan takan ada waktu, tidak akan lama (memberi ucapan selamat ultah untuk NasDem). Kita pahami kesibukan beliau," imbuhnya.

Sebagai informasi, saat ini Presiden Jokowi tengah disibukan dengan serangkaian kegiatan jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang digelar pada 15 November 2022.

Beberapa waktu lalu pun Jokowi bertolak dari Indonesia ke Kamboja untuk menghadiri KTT Asean yang berlangsung sejak 8-13 November 2022.

Namun, tidak biasanya Jokowi total absen dalam acara-acara partai politik, khususnya partai koalisi pemerintahannya. Meskipun tak bisa hadir langsung, biasanya Jokowi tetap mengirimkan video ucapan selamat.

Bahkan, belakangan kerap menghadiri acara HUT partai politik, khususnya partai politik koalisi pemerintah. Misalnya HUT Partai Golkar dan HUT Partai Perindo.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, Jokowi hanya akan memberikan sambutan dan pengarahan melalui video.

"HUT ini Pak Jokowi akan memberikan sambutan lewat (video), nanti ada pengarahan Pak Jokowi yang akan diputarkan," kata Ali dikutip pada Kamis (10/11/2022).

Ali mengatakan, NasDem memang tidak mengundang pihak. Alasannya, acara HUT hanya digelar sederhana.

"Karena gini, kondisi global juga menjadi salah satu pertimbangan. Jadi kita melakukan ini sangat tradisional, sederhana," kata Ali.

Selain tak dihadiri Jokowi, NasDem juga tidak mengundang partai politik lain. Ali menegaskan, acara hanya khusus merayakannya dengan para DPD seluruh Indonesia.

"Enggak (mengundang partai politik lain). Ini ultah yang dilakukan secara internal seluruh Indonesia, seluruh DPD se-Indonesia," ucapnya.