Bripka RR Benarkan Pindahkan Uang dari Rekening Yosua ke Dirinya: untuk Keperluan Rumah Tangga Sambo

ERA.id - Bripka Ricky Rizal Wibowo (Bripka RR) membenarkan ada pemindahan uang Rp200 juta dari rekening Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) ke rekeningnya. Dia mengatakan pemindahan uang itu dilakukan atas perintah istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

"Terus benar untuk pemindahan rekening atas nama Yosua, yang setahu saya memang rekening atas nama Yosua juga untuk keperluan rumah tangga di Jakarta. Jadi saya lakukan atas perintah dari Ibu Ferdy Sambo karena yang bersangkutan sudah almarhum," kata Bripka RR di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (21/11/2022).

Dia menambahkan rekening yang dibuka atas nama dirinya itu untuk keperluan rumah tangga Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Magelang. Bripka RR mengatakan transaksi keuangan bisa dilakukan melalui handphone-nya dengan m-banking.

"Selanjutnya kemudian untuk pemindahan itu melalui m-banking, melalui HP yang saya pegang, dan (handphone) satunya memang dipegang di Jakarta. Tetapi saya tidak tahu menahu apakah dipegang oleh almarhum Yosua terus menerus atau bergantian dengan Ibu atau yang lain," tambahnya.

Sebelumnya, ada aliran dana dengan total Rp200 juta di rekening Brigadir J usai korban tewas dibunuh. Hal ini diungkapkan Costumer Service Layanan Luar Negeri Bank BNI KC Cibinong, Anita Amalia Dwi Agustine saat menjadi saksi di persidangan terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Kuat Ma'ruf, Bripka RR, dan Bharada Richard Eliezer (Bharada E) di PN Jaksel, Senin.

Anita menjelaskan ada pemindahan uang dari rekening Brigadir J ke rekening Bripka RR sebanyak dua kali pada Senin (11/07) lalu.

"Yang saya serahkan itu data rekening koran tanggal 11 Juli dari rekening Ricky Rizal ada uang masuk melalui inet banking, pemindahan dari 1296249462, rekening atas nama Nofriansyah Yosua sebesar Rp100 juta sebanyak dua kali, di tanggal yang sama," kata Anita.

Anita menjelaskan hal ini dia ketahui ketika diberi kuasa untuk membuka rekening Bripka RR dengan membuat rekening koran. Dari rekening Bripka RR, sambungnya, juga ada transaksi untuk pembayaran-pembayaran.

"Uang keluar dipakai hanya untuk pembayaran PDAM, Telkomsel, lalu pembayaran PLN, Indosat, pembelian Shopee, agak banyak Yang Mulia. Nominalnya nggak terlalu besar tapi pembayarannya banyak," ucapnya.