BPBD Jawa Barat: Gempa Garut Masih Aman, Video Viral di Medsos Hoaks!

ERA.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyatakan, gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo (M) yang terjadi sekitar pukul 16.49 WIB, Sabtu (3/12/2022) sejauh ini belum ada kerusakan bangunan maupun rumah warga.

"Dari laporan dari kewilayahan, dari camat, segala macam, masih aman," terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi.

Kendati belum ada kerusakan, Bupati Garut, Rudy Gunawan telah memerintahkan semua aparat kewilayahan guna mengantisipasi ada rumah warga yang rusak. Walaupun, sejauh hingga saat ini belum ada laporan korban maupun bangunan yang rusak.

Saat disinggung terkait video yang beredar melalui pesan berantai yang memperlihatkan rumah dan bangunan yang rusak, Satria memastikan hal itu tidak benar.

"Hoaks itu, nggak ada, belum ada ya," tegasnya.

Diwartakan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,4 di dekat wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Sabtu (3/12) pukul 16.49 WIB dengan kedalaman gempa 118 kilometer.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan 6,4 magnitudo yang mengguncang beberapa wilayah di Jawa Barat, Sabtu, berpusat di Kabupaten Garut. Kemudian BMKG meralat bahwa gempa tersebut tercatat berkekuatan 6,1 magnitudo

Gempa yang terjadi pukul 16.49 WIB itu berpusat di barat daya Kabupaten Garut dengan titik koordinat di 7.49 lintang selatan dan 107.58 bujur timur sedalam 118 kilometer.