Jenderal TNI Bintang Tiga Pimpin Langsung Pengamanan Pernikahan Kaesang-Erina

ERA.id - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan melangsungkan pernihakan dengan pujaan hatinya yaitu Erina Sofia Gudono pada akhir pekan ini. Acara bakal digelar di dua tempat yaitu Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah.

Berbagai persiapan sudah dilakukan dengan matang. Bahkan, pengamanan acara pernikahan pun dipimpin langsung oleh jenderal TNI bintang tiga, yaitu Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono Putra yang bertindak sebagai Pangkogasgabpad Pengamanan VVIP.

Andyawan mengatakan bahwa TNI tidak dapat melaksanakan tugas pengamanan ini sendiri dan membutuhkan dukungan serta sinergitas dengan semua pihak, khususnya dengan Polri untuk menjamin terlaksananya pengamanan yang lebih baik dengan tertib dan lancar.

Hal itu dia sampaikan dalam arahannya saat memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan VVIP Pernikahan Putra Presiden RI di Lapangan Parkir Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/12).

"Saya yakin semua yang hadir di sini sudah terlatih dan sering melaksanakan tugas pengamanan VVIP, meskipun demikian tugas pengamanan ini jangan dianggap sebagai rutinitas. Kita harus tetap waspada terhadap segala kemungkinan yang dapat mengancam keselamatan VVIP lancar," tegasnya.

Andyawan kemudian menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan saat mengamankan acara pernikaha Kaesang-Erina.

Pertama, melaksanakan koordinasi secara ketat dan tepat dengan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam pengamanan VVIP sesuai dengan prosedur.

Kedua, memanfaatkan teknologi terkini untuk mendukung pelaksanaan tugas secara optimal. Ketiga, kuasai, pahami tugas pokok dan kewajiban sesuai fungsi masing-masing secara bertanggung jawab dan profesional.

Keempat, setiap personel harus tahu tugas dan tanggung jawabnya. Kelima, jaga keamanan baik personel maupun material selama pelaksanaan tugas pengamanan. Terkahir yaitu, pelaksanaan tugas dijalankan dengan hati dan mengutamakan kearifan lokal.

Lebih lanjut, Andyawan menambahkan, pengamanan acara pernikahan Kaesang-Erina itu akan melibatkan ribuan personel TNI-Polri, serta beberapa alutsista.

"Untuk kegiatan di tanggal 10 dan 11 Desember 2022 ini dikerahkan 10.900 Personil gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Tim kesehatan, Damkar dan unsur pendukung lainnya serta beberapa alutsista," ucapnya.

Seperti diketahui, sebelum akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani tradisi wilujengan pada Rabu (7/12/2022) siang di Pendopo Pura Mangkunegaran di Kota Solo, Jawa Tengah. Kemudian, pada Kamis (8/12/2022), Kaesang Pangarep akan mengikuti acara pengajian yang akan digelar di rumahnya di kawasan Sumber, Kota Solo.

Adapun akad nikah digelar pada Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta dan selanjutnya menggelar resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu (11/12).