Jokowi-Iriana Menangis Haru Saat Prosesi Siraman Kaesang

ERA.id - Kaesang Pangarep baru saja menyelesaikan satu tahapan dalam rangkaian pernikahannya bersama Erina Gudono, yakni siraman. Acara yang dihadiri oleh keluarga ini juga mengundang sederet menteri.

Usai acara siraman berakhir, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Jokowi menemui awak media. Turut serta pula Kaesang dan menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Dalam acara siraman ini, Jokowi beserta keluarga inti kompak mengenakan beskap berwarna magenta. Sementara Iriana Jokowi tampak cantik mengenakan baju kebaya motif bunga berwarna senada. Mereka tampak sangat bahagia usai menyelesaikan prosesi siraman ini.

”Alhamdulillah tadi prosesi sungkeman dan prosesi siraman berjalan dengan baik. Kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya, baik midodareni, ijab kabul, kemudian dilanjutkan dengan nanti tasyakuran di Pura Mangkunegaran semua berjalan dengan baik,” katanya.

Jokowi juga memberikan doa serta nasehat kepada putra bungsunya ini. Ia berharap agar Kaesang dan Erina bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.

”Sebagai orang tua kami mengharapkan dan mendoakan yang terbaik untuk Mas Kaesang dan Mbak Erina,” ucap Jokowi.

Ia tak menyanggah saat ditanya oleh awak media apakah terharu dan menangis. Jokowi mengungkap jika yang lebih dulu menangis adalah istrinya, Iriana.

”Tadi Ibu nangis juga pas sungkeman, ibu lebih dulu. Semua nangis, Mas Bobby juga nangis,” ucapnya.

Usai prosesi siraman keluarga akan bertolak ke Yogyakarta untuk persiapan malam ini. Rencananya malam nanti akan ada prosesi Midodareni yang akan dilaksanakan di rumah mempelai wanita, Erina Gudono.

”Nanti salat Jumat dulu setelah itu langsung menuju ke Jogjakarta untuk persiapan nanti malam,” katanya.

Jokowi juga memohon maaf atas terganggunya kegiatan masyarakat atas kegiatan rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina tersbeut. Khususnya bagi masyarakat Yogyakarta dan Solo Raya.

”Kami mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada yang terganggu,” katanya.

Senada, Iriana Jokowi juga merasakan hal yang sama. Dia mengaku sangat senang dan bahagia, apalagi semua anaknya sudah menikah. Baik putra sulungnya, putri  tengah dan putra bungsunya.

”Yang pasti selalu bahagia ya Le,” ucapnya. Panggilan Le pada Kaesang merupakan kependekan dari Thole yang berarti anak lelaki.

Sementara saat ditanya perasaannya, Kaesang mengaku bahagia. Ia juga tidak memungkiri jika tadi perasaannya terharu.

”Perasaannya bahagia, tadi nangis,” ucapnya.