Cegah Aksi Teroris, Kapolsek Cimanggis Edukasi Warga Agar Paham Ciri Radikalisme

ERA.id - Kapolsek Cimanggis Kompol Fatimah mencegah penyebaran paham radikalisme kepada masyarakat melalui kegiatan malam pelayanan masyarakat yang salah satunya digelar di Jalan Lembah Hijau, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (9/12/2022) malam.

Kompol Sitti Fatimah Said mengatakan, pihaknya berusaha menyentuh lebih dekat kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran paham radikalisme atau terorisme. Hal itu dilakukan untuk mencegah suasana tidak kondusif di tahun politik mendatang.

"Mereka khawatir menjelang tahun politik ini nanti akan ada masyarakat baik itu mungkin pendatang atau mungkin masyarakat yang memang bertempat tinggal di wilayahnya mereka kalau sampai seandainya ada yang dianggap nyeleneh," kata Kapolsek Cimanggis Kompol Sitti Fatimah Said kepada wartawan, di Lembah Hijau Cimanggis, Jumat (10/12/2022) malam.

Kapolsek mengatakan bahwa koordinasi masyarakat kepada Polri sangat diperlukan untuk menangani tindakan radikalisme yang terlihat di lingkungan warga. Sebab itu, Kapolsek menjelaskan koordinasi dan komunikasi masyarakat dan Polri sangat diperlukan.

“Untuk tetap berkoordinasi berkomunikasi dengan pihak kepolisian supaya nanti bisa mendeteksi. Kalau memang masyarakat tersebut bukan masyarakat setempat paling tidak kami bisa berkomunikasi ke level yang lebih tinggi. Atau memang masyarakat yang dianggap menjalani ini terafiliasi dengan jaringan-jaringan yang memang mengarah kepada terorisme atau tidak kalaupun memang masih bisa diamankan di wilayah tersebut bisa ditindaklanjuti,” ujarnya.

Kapolsek juga menjelaskan jam rawan justru lebih rentang di pagi dan siang hari karena masyarakat sudah beraktifitas. Jam rawan tersebut yakni pukul 08.00- 13.00 WIB dan diatas pukul 01.00 WIB.

“Biasanya mereka minimal perlu waktu dua hari untuk mengetahui situasi dan kondisi suatu wilayah yang akan dijadikan sasaran. Hal itu tergantung tipikal wilayahnya, kalau memang dianggap keamanannya rendah, itu akan lebih mudah untuk mereka bisa mungkin mungkin agak rawan,” tutupnya.