Punya Lima Karakter Unik, Domikado Jadi Tontonan Edutainment Menarik Bagi Anak di Akhir Tahun

ERA.id - Setelah sukses dengan film Mencuri Raden Salah, rumah produksi Visinema Pictures merilis sebuah serial edutainment untuk anak, yakni Domikado. Kreator serial ini, Anggia Kharisma mengatakan bahwa ide berawal dari kekhawatirannya terhadap tayangan khusus anak-anak.

"Ini berangkat dari kegelisahan pribadi saya dan Angga (suami Anggia) sebagai orang tua. Minim sekali tontonan yang ramah untuk ditonton anak-anak dan keluarga Indonesia. Dari kegelisahan itu di masa pandemi anak kehilangan momen bahagianya gitu, itulah tercetus ide ini," ujar Anggia Kharisma saat konferensi pers di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2022).

Serial ini memiliki lima tokoh utama dengan karakter yang berbeda-beda, yang berinteraksi di sebuah taman bernama Domikado. Ada Astrobek yang senang akan ilmu pengetahuan, Cis-Cis yang suka berada di Taman Domikado, Cricket yang selalu penasaran akan hal baru, Bea yang suka bernyanyi, dan Beo yang suka menjaga kebersihan.

Kelima karakter tersebut berupa hewan dengan berbagai jenis, yang dibuat dalam bentuk puppet. Seperti Astrobek merupakan seekor bebek, Bea dan Beo berupa burung, Cricket merupakan anjing, sedangkan Cis-Cis merupakan kucing.

"Valuenya itu yang paling penting untuk tumbuh kembang anak, yaitu ada empati itu. Di Taman Domikado kita bilang teman-teman untuk baik kepada seluruh makhluk hidup, mengajarkan anak untuk critical thinking, dan readiness (kesiapan) juga. Ini value yang mendasari Domikado ini," jelas Anggia.

Selain menghibur, serial Domikado ini akan memberikan materi pendidikan kepada anak. Ini bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran bagi orang tua dan anak, serta mendekatkan ikatan keduanya.

"Hal-hal sederhana namun sulit dijelaskan sama orang tua. Ada kebutuhan dasar yang nggak sabar dijelaskan ke anak gitu. Contoh tangga nada, bagaimana mereka menghargai tubuh dan diri mereka, bagaimana memahami cita-cita. Itu semua coba kita ceritakan dengan cara yang mudah dipahami, dengan harapan konten ini bisa menjadi ruang diskusi di keluarga," pungkas Anggia.

Serial Domikado terdiri dari 24 episode, yang setiap episodenya berdurasi 8 sampai 11 menit. Serial ini tayang setiap hari Jumat, jam 4 sore, dan tayang perdana pada 16 Desember 2022.