Presiden Ukraina Zelensky Akui Didesak untuk Berunding dengan Rusia

ERA.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengakui dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi Prancis LCI bahwa ia didorong untuk bernegosiasi dengan Moskow.

"Ada yang mendesak saya untuk duduk di meja perundingan," katanya, Sabtu (17/12/2022) seperti dilansir dari Tass. "Tapi saya tidak melihat apa pun untuk didiskusikan."

Ia juga mengatakan tidak melihat ada gunanya negosiasi Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya tidak berpikir mereka dapat memberikan hasil apa pun," kata pemimpin Ukraina itu.

Macron mengatakan, dalam banyak kesempatan bahwa ia terus menjaga komunikasi dengan Putin. Pemimpin Prancis itu berharap untuk segera membahas keamanan fasilitas nuklir di Ukraina dengan mitranya dari Rusia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa Rusia siap untuk melanjutkan negosiasi di Ukraina. Ia mencatat bahwa Rusia siap mendengarkan rekan-rekan Baratnya jika mereka mengajukan proposal untuk mengatur dialog untuk mengurangi ketegangan, dengan mempertimbangkan kepentingan Moskow.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov juga menyarankan agar pembicaraan tentang Ukraina harus dilakukan terutama dengan Washington karena Kiev bertindak "atas perintah eksternal".