NasDem Sebut Andika Perkasa Punya Tempat Spesial, Bakal Ditarik?

ERA.id - Partai NasDem membuka peluang mengajak Jenderal TNI Andika Perkasa masuk ke politik. Terlebih, mantan panglima TNI itu sudah mulai memaski masa pensiun dan akan resmi purnatugas pada awal tahun depan.

Untuk diketahui, nama Andika pernah masuk dalam bursa bakal calon presiden (capres) yang akan diusung Partai NasDem di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pak Andika punya tempat spesial bagi kita dan tentu untuk berjuang di politik. Karena Pak Andika sudah purna tugas, dan itu lebih terbuka," ujar Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya kepada wartawan, Rabu (21/12/2022).

Menurutnya, selama ini Partai NasDem menjalin komunikasi baik dengan Andika. Rencananya, komunikasi itu akan semakin diintensifkan setelah Andika resmi pensiun.

"Ya kalau komunikasi kita dengan Pak Andika jalan. Habis inilah mungkin ya, habis tahun baru lah nanti gimana ngobrol dengan Pak Andika," ucap Willy.

Sebelumnya, Jenderal TNI Andika Perkasa resmi melepas jabatannya sebagai panglima TNI dan menyerahkannya kepada Laksamana Yudo Margono. Dia juga akan segera memasuki masa pensiun.

Dia mengaku lega sudah menyelesaikan tugas dinasnya di kemiliteran.

"Perasaan saya, saya merasa lega, saya menyudahi dinas aktif saya di TNI," kata Andika di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (20/12).

Meski begitu, Andika belum mau mengungkap rencananya setelah pensiun nanti. Dia juga enggan menjawab ketertarikannya terjun ke dunia politik,

"Nanti ya, nanti saja," katanya.

Lagipula, kata Andika, dirinya baru benar-benar pensiun pada 1 Januari 2023. Saat ini, dia baru sebatas serah terima jabatan dengan Yudo sebagai panglima TNI.

"Saya pensiun nanti mulai 1 Januari 2023, walaupun sekarang serah terima, tapi kita sesuai dengan peraturan yang berlaku baru 1 Januari," katanya.

Mantan kepala staf angkatan darat (KSAD) menjanjikan akan membeberkan rencananya ke depan setelah resmi pensiun dari dinas kemiliteran.

"Apa yang saya lakukan? Ya nanti aja setelah saya pensiun, kita ketemu lagi," kata Andika.