7 Fakta Unik Film Bayi Ajaib, Comeback Desy Ratnasari Hingga Penggunaan Efek CGI dan Dummy Robotic

ERA.id - Film Bayi Ajaib yang tayang pada 1982 menjadi salah satu film horor terbaik yang dimiliki Indonesia. Kini, rumah produksi Falcon Black me-remake film Bayi Ajaib pasca 40 tahun berlalu.

Selain itu ada beberapa fakta menarik mengenai film Bayi Ajaib yang dirilis pada 2023. Berikut 7 fakta unik film Bayi Ajaib, dari Sutradara, Rako Prijanto, Vino G. Bastian dan Adipati Dolken, saat ditemui di Falcon Pictures, Jl. Duren Tiga Raya. Pancoran, Jakarta Selatan pada Rabu (21/12/2022).

1. Kemiripan 90 persen

Konferensi pers film Bayi Ajaib (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

Falcon Pictures me-remake film legendaris Bayi Ajaib. Rako Prijanto mengaku bangga bisa me-remake film horor ini. Alur dalam film ini mengikuti cerita lama film Bayi Ajaib. Sehingga, akan banyak kemiripan di film sebelumnya.

"Kebahagiaan saya bisa me-remake film Bayi Ajaib. Menurut saya ini atribut film horor Indonesia yang dulu pernah jaya, sekarang jaya kembali. Semoga ini menjadi sebuah karya yang baik kalau ditanya kemiripan sama lama, mungkin 90 persen sama," ujar Rako Prijanto. 

2. Comeback Desy Ratnasari

Film remake Bayi Ajaib menjadi comeback akting Desy Ratnasari di layar lebar. Walau sibuk menjadi anggota DPR RI, Desy Ratnasari tetap menyempatkan waktunya untuk syuting film remake Bayi Ajaib.

"Ya bekerjasama dengan teh Desy Ratnasari. Jangan lupa ya, di sini ada teh Desy Ratnasari. Ada Vino, Adipati, Sara, Rayhan ya beberapa generasi," ucap Rako Prijanto.

3. Pakai Efek CGI dan Dummy Robotic

Dalam film ini, Rako Prijanto menggunakan efek Computer-Generated Imagery (CGI) dan Dumy Robotic. Sang sutradara juga membeberkan alasannya menggunakan teknologi tersebut.

"Itu pasti CGI karena memang enggak mungkin pasang prostetic ke bayi 5 bulan, jadinya kami pakai dummy robotic dan CGI. Untungnya industri film di Indonesia sudah sangat maju, saya lihatnya Alhamdulillah rapih ya," ujar Rako.

4. Penampilan Vino berubah 

Dalam film ini, penampilan aktor dan aktris berubah total. Perubahan ini paling terlihat dari Vino G Bastian yang berperan sebagai Kosim. Wajah tampan Vino akan dipenuhi dengan kumis panjang dan lebat.

"Pemakaian atribut makeup itu udah dari production design dari film itu sendiri. Saya juga nggak bisa 'Mas saya pakai kumis, mas pakai ini'. Ini semua sudah menjadi keputusan sutradara dan produser. Karena semua udah jadi bagian production house," imbuh Vino G. Bastian.

5. Peran antagonis perdana Adipati Dolken

Dalam menjalani perannya, Adipati Dolken biasanya mendapatkan peran protagonis atau pria romantis. Kini, suami Canti Tachril mendapatkan peran antagonis dalam film Bayi Ajaib. 

"Iya Dorman ini dia mengabdi sama kakek buyutnya. Dia mengabdi demi mendapatkan power. Kita buatnya dia tidak bukan jahat kelihatannya. Intinya dia bukan jagoan, tapi punya hati gelap banget," ucap Adipati Dolken.

Konferensi pers film Bayi Ajaib (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

6. Film Horor Pertama Falcon Black

Rumah Produksi Falcon Black mengawali debut perdana dengan me-remake legenda film horor Indonesia berjudul Bayi Ajaib. 

"Falcon Black itu sebenarnya brand baru Falcon khusus horor. Kedepannya, Falcon berintegritas membuat film-film horor untuk Indonesia," tutur Rako.

7. Tayang 19 Januari 2023

Film remake garapan Rako Prijanto bakal hadir pada 19 Januari 2023 dan tayang di seluruh bioskop Indonesia. Film ini merupakan bentuk remake dari film horor dengan judul yang sama diproduksi tahun 1982.

Pada tahun tersebut, Bayi Ajaib dikenal sebagai film horor yang menghadirkan hantu dengan cara berbeda dari biasanya, yakni kuntilanak, kuyang, tuyul atau pocong. Sedangkan, Bayi Ajaib menghadirkan sosok mengerikan itu dalam bentuk bayi.

Itulah sederet fakta menarik film Bayi Ajaib yang penting untuk disimak.