Gelaran Zikir Akbar dan Street Food Sambut Tahun Baru di Kota Medan

ERA.id - Gelaran zikir akbar serta street food bakal mewarnai penyambutan tahun 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). 

Acara penyambutan pergantian tahun diawali dengan zikir akbar yang akan berlangsung di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Kecamatan Medan Baru, Sabtu (31/12/2022). Zikir akbar dimulai pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda mengatakan bahwa selama zikir akbar berlangsung akan dilakukan rekayasa lalu lintas terhadap sejumlah ruas jalan di seputaran Lapangan Benteng. Rekayasa lalu lintas ini merupakan salah satu bentuk pengamanan dalam rangka perayaaan menyambut tahun baru.

"Lapangan Benteng akan ada kegiatan berzikir akbar. Ini akan dilaksanakan pada pukul 14.00 tanggal 31 hari Sabtu. Ini juga akan kita lakukan rekayasa sampai pukul 18.00 WIB. Kita rekayasa sekitar Lapangan Benteng dari Jalan Kapten Maulana Lubis di sekitar Tugu SIB," ungkapnya, Jumat (30/12/2022).

Valentino mengungkapkan pihaknya juga akan melakukan pengamanan gelaran street food di ruas Jalan Raden Saleh tepatnya depan Kantor Wali Kota Medan. Petugas akan menutup ruas Jalan Raden Saleh sejak gelaran street food dimulai pukul 18.00 WIB.

"Nanti di jalan tepatnya di Balai Kota akan dilaksanakan kegiatan UMKM atau street food oleh Bapak Wali Kota Medan. Dan dari depan Balai Kota ini sampai dengan samping Hotel Aston sampai dengan persimpangan Jalan Balai Kota. Jalan ini akan kita tutup ini dilaksanakan mulai pukul 18.00 WIB," terangnya.

Sementara itu, pengamanan ketat turut dilakukan pihak kepolisian bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan dalam menjaga keamanan dan ketertiban malam perayaan pergantian tahun. Sebanyak 25 titik diprediksi bakal menjadi tempat untuk masyarakat merayakan malam pergantian tahun.

Salah satunya di alun-alun Kota Medan, Lapangan Merdeka. Valentino mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas terhadap sejumlah ruas jalan menuju Lapangan Merdeka.

"Jalan Kesawan, jalan-jalan yang menuju ke sekitar daripada Lapangan Merdeka ini juga akan dilaksanakan pengalihan-pengalihan arus. Kepada masyarakat agar nantinya mengetahui akan ada pengalihan-pengalihan seperti ini di sekitar lokasi Lapangan Merdeka dan Lapangan Benteng," ujarnya.

Valentino mengatakan pihaknya bersama Dishub Kota Medan turut menyediakan beberapa tempat untuk dijadikan sebagai lokasi parkiran. Mantan Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut ini untuk mengamankan jalannya perayaan malam pergantian tahun di Lapangan Merdeka.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Kota Medan bahkan dari luar Kota Medan untuk menjaga ketertiban dan keamanan, ketertiban berlalu lintas, sehingga kita bisa merayakan malam tahun baru ini dengan aman dan tertib," pungkasnya.