Digelar Maret 2022, Drama Musikal Ken Dedes Akan Dikemas Lebih Modern

ERA.id - Eki Dance Company dan Ciputra Artpreneur mempersembahkan drama musikal Ken Dedes yang digelar Maret mendatang. Pementasan ini digarap oleh para seniman ternama di Indonesia.

Mulai dari Rusdy Rukmarata sebagai sutradara dan koreografer, Titien Wattimena sebagai penulis, Oni Krisnerwinto sebagai penata musik, Iskandar Loedin sebagai penata artistik, hingga Aiko Senosoenoto sebagai produser.

Aiko Senosoenoto mengatakan bahwa musikal Ken Dedes ini dibuat tidak terikat dengan sejarah yang ada. Musikal ini akan disajikan dengan lebih modern, sehingga bisa disaksikan oleh siapa saja.

"Ini nggak terikat sama sejarah dan pakem yang ada. Kadang orang Indonesia kurang berani modern, karena terikat sama baju harus begini dan lainnya. Teater ini bisa dinikmati bukan hanya penikmat seni, tapi masyarakat luas. Ini interpretasi bebas, yang lebih modern," ujar Aiko saat konferensi pers di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2023).

Sang sutradara, Rusdy Rukmarata menyampaikan bahwa cerita musikal ini dibuat secara detail. Ini akan membuat penonton menyaksikan sesuatu yang menantang dan menegangkan.

"Ceritanya dibangun dengan sangat detail. Ini membuat penonton menyaksikan sesuatu yang menantang dan menegangkan daripada Game of Thrones," kata Rusdy.

Tak hanya cerita yang detail, karakter utama Ken Dedes juga akan dibuat lebih kompleks. Bukan sekedar dikenal cantik, Ken Dedes juga akan dibuat lebih berbeda dengan ambisi dan luka yang dimiliki.

"Dari segi cerita kita mencoba mengangkat dari sisi yang berbeda. Kalau biasanya Ken Dedes diketahui dengan cantik, kekuasaan. Nah, di musikal ini kita coba memotret berbeda dengan itu semua. Seperti ada tabungan luka dari kecantikan dan kekuasaan itu. Dia mewakili bukan cuma kecantikan, tapi luka, ambisi, dan mimpi juga. Kita juga mencoba menciptakan kisah klasik ini dinikmati anak muda, dan kita buat materinya kekinian," jelas penulis naskahnya, Titien.

Musikal yang menceritakan tentang Ken Dedes, seorang perempuan yang sangat berpengaruh dalam sejarah Nusantara itu diperankan bintang musikal muda. Mereka adalah Ara Ajisiwi (Ken Dedes), Taufan Purbo (Ken Arok), Nala Amrytha (Ken Umang), Uli Herdi (Tunggul Ametung), Fatih Unru (Anusapati), Geraldo Tanor (Tohjaya), dan Nino Prabowo (Kebo Ijo).

Drama musikal Ken Dedes ini nantinya digelar di Ciputra Artpreneur pada 18 dan 19 Maret 2023.