Viral Pengakuan Eks Karyawan Jhon LBF: Dari Buku Nikah Ditahan hingga Kerja 24 Jam Sehari

ERA.id - Mantan karyawan Jhon LBF, pengusaha yang sering membuat konten motivasi dan dikenal dermawan itu ramai-ramai menceritakan keburukan atasan mereka di media sosial.

Pengusaha bernama asli Henry Kurnia Adhi dan punya lebih dari empat juta pengikut di TikTok itu diisukan suka memecat dan memotong gaji karyawan sewenang-wenang.

Hal ini bermula ketika akun Twitter @askrlfess mengunggah tangkapan layar konten Jhon LBF dengan caption: Siapa di sini yang cita-citanya ingin punya atasan seperti Pak Jhon?

Unggahan tadi lalu dikomentari oleh Septi, mantan pegawai Jhon LBF. Ia bilang tak mau punya atasan yang suka memotong gaji dan memecat karyawan sesukanya. "Tapi sayangnya waktu potong gaji gapernah dikontenin," tulis Septi, Sabtu (21/1/2023), sambil melampirkan bukti percakapan di Whatsapp.

Septi menulis ada aturan internal yang melarang karyawan Jhon LBF berteman dengan mantan karyawannya. Septi lalu bercerita pernah ada delapan orang karyawan yang dipecat massal gara-gara bertemu dengan seorang mantan karyawan di luar jam kerja.

Selain itu, Septi meminta agar Jhon LBF memenuhi hak-hak mantan karyawannya dan mengembalikan ijazah dan buku nikah yang ditahan. "Kembalikan ijazah & buku nikah mantan karyawan," tulis Septi.  

Akun bernama @sukaasukaala*** juga berbagi testimoni di Twitter. "Suka banget potong gaji tanpa hal hal yg jelas. Gabisa istirahat juga kerja disana 7/24 harus stand by. Udah macem kerja rodiii...." tulisnya, Sabtu (21/1/2023).

Akibat membocorkan apa yang ia alami dan membongkar isu-isu negatif mantan atasannya, Septi mengaku diancam akan dipenjarakan. 

"Dengan tuduhan apa mba di penjarain??" tanya seorang temannya seperti tampak di tangkapan layar yang dibagikan Septi, Senin (23/1/2023).

"Menjelek2an mungkin? Padahal aku berbicara fakta," jawab Septi. 

Hive Five, perusahaan yang dipimpin oleh Jhon LBF menanggapi isu miring tersebut lewat testimoni-testimoni baik karyawannya di media sosial.

Akun Instagram @ppt_puputri mengunggah testimoni di story-nya berbunyi: Guys Pak Jhon ini adalah orang yang baik, the Real emang seperduli itu sama karyawannya. Dan Pak Jhon ini bukannya suka marah-marah, tapi Beliau tegas dan sangat disiplin.

Namun, terpantau akun tersebut hanya punya puluhan pengikut dan tak pernah mengunggah apa pun selain testimoni tadi.