Jokowi Ajak Jan Ethes dan La Lembah Jalan-jalan di Solo Safari

ERA.id - Presiden Joko Widodo memanfaatkan hari cuti bersama dengan mengajak kedua cucunya, Jan Ethes Sri Narendra dan La Lembah Manah pergi ke kebun binatang di Solo. Mereka meninjau Taman Satwa Taru Jurug(TSTJ) yang direnovasi dan akan berganti nama menjadi Solo Safari.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09.30 WIB, Senin (23/1/2023). Ia ditemani oleh ibu negara Iriana Jokowi dan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka. Ikut pula istri Gibran, Selvi Ananda serta kedua anaknya, Jan Ethes dan La Lembah.

Ethes dan La Lembah kompak berjalan dengan kakek dan neneknya. Dalam kunjungan ini, Jokowi ditemani Direktur TSTJ Bimo Wahyu Widodo dan Deputi Direktur Taman Safari Indonesia Hans Manansang.

Mereka berinteraksi dengan beberapa koleksi satwa di Solo Safari. Bahkan Jan Ethes dan La Lembah sempat berfoto dengan ular. Mereka melanjutkan ke zona Primata Island dan Petting Zoo dan melanjutkan berkeliling dengan mobil listrik.

Saat ditanya terkait kunjungannya, ia mengaku diajak oleh Gibran. Gibran yang juga merupakan Wali Kota Solo ini ingin menunjukkan pada ayahnya wujud kebun binatang kebanggaan warga Solo ini.

"Saya diajak Pak Wali untuk melihat pembenahan Taman Jurug, sekarang menjadi Solo Safari. Saya melihat sangat bagus, meskipun belum selesai sudah kelihatan akan menjadi sangat bagus," kata Jokowi.

Rencananya pembukaan Solo Safari akan dilaksanakan pada 27 Januari 2023. Revitalisasi TSTJ ini akan selesai di tahap pertama.

Pasca melihat kondisi TSTJ yang baru, Jokowi yakin kebun binatang ini bisa menjadi destinasi wisata yang baru di kota Solo. Selain itu ada alternatif destinasi wisata yang baru. Selain Solo Safari, tempat lain yang akan menjadi kebanggaan warga Solo yakni Taman Balekambang, Night Market di Jalan Gatot Subroto dan Solo Techno Park (STP).

"Saya hanya ingin melihat menjadi seperti apa (Solo Safari), saya lihatnya bagus. Saya akan mendukung aset produktif di Kota Solo supaya bisa berkembang baik," ujarnya.

Presiden Jokowi bersama keluarga jalan-jalan di Solo Safari sebelum diresmikan, Senin (23/1/2023).(Dokumentasi Pemkot Solo)