Detik-Detik Toko Gas Elpiji di Jaktim Terbakar Hingga Picu Ledakan Besar

ERA.id - Terjadi kebakaran di agen gas elpiji PT Cakra Bintang Rimba, di Jalan H Naman Nomor 80, Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (27/1/2023) sekira pukul 07.25 WIB.

Kebakaran ini menimbulkan sebuah ledakan api besar. Gelombang getaran dan suara yang ditimbulkan akibat ledakan ini terasa hingga ke permukiman sekitar toko agen gas elpiji ini.

Usai timbul ledakan, api berkobar tinggi di toko agen gas elpiji itu. Damkar yang menerima laporan adanya kebakaran langsung menuju lokasi untuk memadamkan si jago merah.

Tangkapan layar

Sebanyak 14 unit mobil damkar dan 65 personel dikerahkan.

"(Kebakaran diduga terjadi akibat) kebocoran gas," kata Kasi Ops Sudin Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Jumat (27/1/2023).

Dari hasil keterangan sementara, kebakaran ini berawal ketika ada kebocoran pada gas elpiji ukuran 50 kilogram (kg). Karyawan toko yang melihat ada kepulan gas, langsung berinisiatif untuk mematikan lampu.

Namun, hal ini justru menjadi pemicu percikan api. Api pun menyambar cepat dan membakar ratusan tabung gas elpiji di toko tersebut.

"Terjadi ledakan di bagian gudang yang disebabkan kebocoran gas dan menyambar ketika karyawati ingin menyalakan lampu. Kemudian terjadi penyalaan dan menyambar," ucap Gatot.

Dari peristiwa ini, karyawan tersebut mengalami luka ringan. Api pun berhasil dipadamkan sekira pukul 08.52 WIB.

"Kerugian (sekitar) Rp1 miliar," ujar Gatot.