Dua Anak Panti Asuhan Jaksel yang Hanyut di Kali Ciliwung Telah Ditemukan

ERA.id - Dua anak panti asuhan Khadijah Al Kubra yang hanyut di Kali Ciliwung sekitar Jagakarsa, Jakarta Selatan, telah berhasil ditemukan.

Satria Rifano Ari N (11) ditemukan lebih dulu pada Selasa (17/1) lalu. Sementara Bintang Putra Erfansa N (8) ditemukan Jumat (27/1) kemarin. Keduanya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Pada saat korban (Bintang) ditemukan dalam keadaan telanjang dada dan menggunakan celana panjang jenis jeans," kata Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra dalam keterangannya, Sabtu (28/1/2023).

Multazam menerangkan jenazah Bintang ditemukan warga sekitar yang sedang mencari udang dan ikan di sekitar Kalo Ciliwung. Jasad Bintang ditemukan tersangkut di bambu-bambu.

Warga yang melihat ada mayat langsung melapor ke polisi dan tim SAR. Evakuasi pun dilakukan dan jasad itu dibawa ke Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Polisi pun melakukan konfirmasi ke pihak panti asuhan terkait ciri-ciri pakaian korban. Pengurus panti asuhan mengkonfirmasi jasad itu adalah Bintang yang sudah hanyut sekira 12 hari.

Meski begitu, Multazam menerangkan RS Polri Kramat Jati akan melakukan proses identifikasi terlebih dahulu untuk memastikan identitas korban.

"Apabila hasil identifikasi oleh pihak RS adalah Saudara Bintang, maka pihak Yayasan akan memakamkannya," ujarnya.

Sebelumnya, tiga bocah anak panti asuhan Khadijah Al Kubra, hanyut di Kali Ciliwung sekitar Jagakarsa, pada Minggu (15/1) sore.

"Yang selamat Rafa (Rafasyah Taufiqurrahman), sedang Satria dan Bintang masih ditelusuri petugas," kata Kompol Multazam Lisendra kepada wartawan, Senin (16/1).

Kejadian berawal ketika Satria dan Bintang mengajak Rafa serta teman-teman lainnya untuk mandi di Kali Ciliwung. Mereka semua pergi menuju Kali Ciliwung dengan berjalan kaki sekitar 100 meter tanpa izin ke pengurus panti.

Korban pun berenang di kali, tetapi tak lama kemudian, Bintang dan Satria hanyut terbawa arus. Rafasyah yang mencoba menolong kedua temannya malah ikut hanyut.

Beruntung, Rafasyah tersangkut di rumpun pohon bambu usai terseret 30 meteran. Korban Rafasyah pun ditolong warga sekitar.