Intip Maskot, Logo dan Tagline PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara

ERA.id - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meresmikan peluncuran maskot, logo dan tagline Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara di pekan terakhir bulan Januari 2023 ini.

Peluncuran atau launching maskot, logo dan tagline PON XXI/2024 Aceh - Sumatera Utara pertama kali digelar di Aceh, Sabtu 28 Januari 2023. Launching yang berlangsung di Lapangan Balang Padang, Kota Banda Aceh, dihadiri langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Mepora) Zainudin Amali.

Adapun maskot PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara di Aceh menjadikan gajah sebagai maskot. Terlihat, gajah ini menggunakan topi tradisional Aceh, kupiah meukeutop dengan memakai atasan berlogo tiga ring berkaitan dan bawahan songket Aceh.

Sehari kemudian, Kemenpora menggelar peluncuran maskot PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara di Sumatera Utara (Sumut). Peluncuran juga dihadiri langsung Menpora Zainudin Amali yang berlangsung di Lapangan Astaka, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (29/1/2023).

Sementara, harimau Sumatra bernama Hatra menjadi maskot untuk Sumut. Terlihat, Hatra mengenakan tanjak Melayu, ulos Batak dan gorga Batak. Sedangkan taglinenya, Bersatu Kita Juara serta disusul logo gabungan bentuk rencong, songket Melayu, ulos Batak dan obor PON yang menggambarkan 5 sukses PON.

Pada kesempatan ini, Menpora Zainudin Amali mengingatkan agar penyelenggara benar-benar menjalankan PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara dengan sebaik-baiknya. Apalagi menurutnya, PON Aceh-Sumut merupakan pengalaman pertama Indonesia menyelenggarakan PON di dua provinsi sekaligus.

Zainudin menambahkan dengan penyelenggaraan di dua provinsi sekaligus bisa memberikan kesempatan seluruh provinsi untuk bisa menjadi tuan rumah PON.

"Saya meyakini apa yang disampaikan Pak Gubernur dengan tekad dan semangat Sumut untuk menjadikan pekerjaan tuan rumah yang baik, saya meyakini dan percaya itu. Apalagi sekarang provinsi kita sudah 38. Bisa dibayangkan kalau PON bergilir 4 tahun sekali. Bisa-bisa ada yang menjadi tuan rumah seratus tahun lagi," ungkap Zainudin.

Zainudin juga mengingatkan agar sejumlah target yang harus dicapai telah ditarget pada PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara ini. Dia menyebut seperti sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi dan perekonomian rakyat.

"Kalau itu (target) semua tercapai, maka Sumut akan menjadi tuan rumah yang hebat," tukasnya.

DPON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara akan digelar pada tanggal 8 sampai 30 September 2024. Pembukaan PON akan dilaksanakan di Provinsi Aceh.  Sedangkan Sumut mendapat kesempatan menyelenggarakan upacara penutupan PON XXI pada 30 September 2024.

Sumut juga akan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan sekitar 34 cabang olahraga (cabor). Pertandingan seluruh cabor akan tersebar di Medan, Pematang Siantar, Binjai, Deli Serdang, Simalungun dan Serdang Bedagai.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengajak masyarakat agar menjadi tuan rumah yang baik, saat penyelenggaraan PON nanti. "Rakyat-rakyatku di Sumut, mari kita menjadi tuan rumah yang baik," ujar Edy.

Edy menegaskan seluruh perangkat penyelenggaraan PON harus siap. Mantan Pangkostrad ini menekankan persiapan harus matang mulai dari infrastruktur venue, atlet dan lain-lain.

"Kami Pemprov selalu berbuat yang terbaik," ujarnya.

Edy menyampaikan kesuksesan penyelenggaran PON menjadi target utama yang harus dicapai. Mantan Ketua Umum PSSI ini menekankan sukses secara penyelenggaraan, prestasi dan administrasi.

"Di samping menjadi tuan rumah yang baik, prestasi juga harus dikejar, saya mau kita semua menjadi contoh (penyelenggaraan)," sebutnya.