TNI-Polri Temukan Titik Lokasi Keberadaan KKB Pimpinan Egianus Kogoya yang Sandera Pilot Susi Air

ERA.id - TNI dan Polri sudah menemukan lokasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya yang menyandera pilot Susi Air, Philips Max Marthin.

"Benar (KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya sudah terdeteksi)," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo saat dihubungi, Selasa (21/2/2023).

Benny enggan mengungkapkan lokasi Egianus Kogoya. Dia hanya menyebut fokus utama TNI-Polri saat ini menyelamatkan pilot Susi Air dengan penuh kehati-hatian.

"Keselamatan pilot dulu. Setelah itu penegakan hukum terhadap KKB karena sudah ditetapkan sebagai DPO juga oleh Ops Damai Cartenz Polda Papua," ujar Benny.

Sebelumnya, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa menegaskan TNI akan menindak tegas KKB Papua bila mereka tak juga melepas pilot maskapai Susi Air.

Tindakan tegas ini akan diberikan bila dialog yang sedang dilakukan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah setempat ke KKB Papua, tak juga membuahkan hasil.

"Saya tidak bisa sampaikan dan ungkapkan waktunya karena ini suatu hal yang dirahasiakan. Tetapi apabila tiba waktunya, maka TNI Polri akan melakukan penegakan hukum secara terukur, terpilih dan terarah," kata Saleh kepada wartawan, Kamis (16/2).