Menu Bungkus Jokowi di Istana Negara

Jakarta, era.id - Semua pecinta kuliner, pasti punya lokasi favorit buat memburu menu yang paling disukai untuk dibawa pulang. Termasuk Presiden Joko Widodo, katanya punya tiga lokasi menu bungkus spesial untuk sajian makan di Istana Negara.

Menunya juga gak neko-neko, mulai dari seafood sampai nasi rames warteg. Ahh, yang bener nih,...

Tiga tempat kuliner yang kerap diburu Jokowi untuk memuaskan rasa laparnya, yakni seafood di Kelapa Gading, Jakarta Utara, varian menu kepala ikan di wilayah Kemayoran, Jakarta Pusat, dan warung tegal (warteg) di wilayah Pluit, Jakarta Utara. 

"Makan yang dia makan sama. (Jokowi) tidak mengedepankan hal yang bersifat protokoler, tidak berubah mulai dari wali kota sampai sekarang," ujar Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang membocorkan rahasia tersebut di acara diskusi Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Kebiasaan itu sudah berlangsung lama. Sejak menjabat Gubernur DKI Jakarta, Jokowi kerap membeli makan di tiga tempat itu. Sementara saat menjabat sebagai Wali Kota Solo dia juga sering membungkus lauk dari makanan yang dibelinya di beberapa tempat makan di Solo.

"Saya kenal Pak Jokowi sejak lama, dari beliau wali kota, gubernur dan (sekarang) presiden tetap sama. Makan nya ya sama, itu juga. Makan di istana pun ya makan yang sering dimakan waktu jadi gubernur," kata Tjahjo.

Menurut Tjahjo, Jokowi merupakan sosok presiden yang tidak ragu untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain itu, gaya komunikasi Jokowi juga dinilainya tak seperti presiden pada umumnya.

"Komunikasinya dengan blusukan, video dan vloging. Pendekatan komunikasi yang cenderung bersifat non konvesional memiliki cara yang unik. Itulah gaya komunikasi Jokowi yang saya catat selama dia menjadi gubernur dan presiden," tutupnya. (mry)

Tag: