Digitalisasi Pelaku Usaha, Cara Penyedia Solusi Omnichannel Commerce Dorong Perkembangan Secara Global

ERA.id - Perkembangan ekonomi digital nasional maupun global yang berkembang pesat mendorong Sirclo, penyedia solusi omnichannel commerce di Indonesia untuk terus berinovasi dan mempertajam fokus sebagai omnichannel commerce enabler yang melayani penjualan melalui kanal online maupun offline.

Dengan meluncurkan slogan baru yaitu 'Be The Future, Today' atau 'Wujudkan Masa Depan, dari Sekarang'. Dengan fokus perusahaan yang baru serta ekosistem layanan yang semakin kuat, Sirclosiap mengakselerasi kesuksesan pelaku usaha dari berbagai skala agar mampu bersaing secara berkelanjutan. Perusahaan ini optimistis dapat memperkokoh posisi sebagai penyedia solusi omnichannel commerce di Indonesia.

Misi dan nilai perusahaan yang telah dikonsep ulang ini secara resmi diluncurkan. Solusi Sirclo yang beragam telah berevolusi menjadi layanan omnichannel menyeluruh bagi brand atau pemilik merek, distributor, pelaku usaha, hingga konsumen.

Peluncuran Slogan Baru Sirclo (Dok. Era.id/Vessy)

Brian Marshal, Pendiri dan CEO Sirclo Group mengungkapkan, "Sembari melihat kilas balik perjalanan Sirclo selama 10 tahun ke belakang, langkah strategis ini sekaligus menjadi momen perayaan akan evolusi bermakna yang sudah dilalui. “Pesan Be The Future, Today yang kami usung merupakan wujud nyata dari komitmen Sirclo untuk lebih dari sekadar membantu bisnis berjualan, tetapi juga memampukan semua pihak menjadi yang tercepat dalam menyongsong masa depan. Hal ini dapat kami capai dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki dari masing-masing pelaku usaha melalui digitalisasi," ujarnya dalam konferensi baru-baru ini di Jakarta.

Ekosistem super Sirclo kini dilengkapi dengan beragam solusi yang terbagi berdasarkan empat jenis segmentasi pasar: layanan Sirclo Commerce dan Swift by Sirclo menghadirkan solusi teknologi omnichannel bersifat custom dan integrasi di berbagai kanal penjualan online melalui layanan order fulfillment serta digital marketing dari hulu ke hilir bagi bisnis enterprise; solusi Sirclo Store berfokus pada pengembangan bisnis lokal berskala kecil dan menengah melalui toko online yang mampu terintegrasi dengan berbagai kanal penjualan daring, di antaranya website, marketplace dan chat commerce.

Kemudian, produk dan layanan digital dari Warung Pintar mendorong warung untuk terus berkembang melalui perluasan akses ketersediaan produk ke pemilik merek dan distributor nasional; serta platform parenting Orami yang menyuguhkan commerce, content, dan community dengan fitur IbuSibuk yang mendukung pemberdayaan ibu di seluruh Indonesia. Slogan baru ini ikut menyoroti layanan bagi bisnis enterprise dari Sirclo yang menuai kemitraan strategis dengan pemilik merek besar maupun instansi pemerintahan.

Sementara, Steves Davies Rawung, Vice President SBU Ekosistem Layanan Kesehatan Bio Farma mengatakan, pengalaman Sirclo di ranah supply chain sangat berperan dalam pengembangan produk dan layanan digital yang mendorong terciptanya transformasi digital. Hal ini dapat terlihat dari aplikasi MedBiz yang tercipta dari kerja sama antara Sirclo dan Bio Farma. “Sirclo menjadi sumber penggerak baru bagi pertumbuhan ekonomi, beberapa di antaranya adalah dengan mempermudah proses pemangkasan biaya dan waktu yang dibutuhkan dalam transaksi ekonomi digital,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Yoshua Dominic, Head of Sales PT Indofood Fortuna Makmur, mengatakan, pihaknya bersyukur bisa bekerja sama dengan Sirclo. Sejak tahun 2018, Indofood Snack Official Store mampu dikelola dengan baik oleh Sirclo dan terus bertumbuh secara positif dalam 5 tahun terakhir. Hal ini tentunya didukung oleh kolaborasi efektif antara tim Indofood Fortuna Makmur dengan tim Operasional Sirclo dalam menentukan dan mengimplementasikan strategi-strategi penjualan, pendistribusian produk maupun promosi yang tepat untuk mencapai target.

Menurut Yoshua, Sirclo mampu secara konsisten meningkatkan kualitasnya dari sisi pengelolaan warehouse maupun teknologi yang menunjang keseluruhan operationalexcellence mereka. Tentunya hal ini menjadi poin penting bagi kami, sebagai pemilik merek, dalam memilih mitra yang mampu bersinergi untuk mengoptimalkan pertumbuhan bisnis snack kami di ranah e-commerce.