Tingkatkan Kebugaran, Kemenparekraf Dukung Penuh Kompetisi Lari untuk Dorong Sektor Pariwisata Indonesia

ERA.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan dukungan penuh untuk ajang kompetisi lari yang diselenggarakan pada 11 Juni 2023 di Indonesia.

Kemenparekraf yakin kompetisi lari bisa mendorong sektor pariwisata Indonesia sehingga perekonomian kembali bangkit pasca dihantam pandemi Covid-19.

"Ikut membantu pemerintah melalui event. Dimana pasar wisata olahraga memiliki pasar besar sejak pandemi. Kami Kemenparekraf memberikan dukungan, inovasi, inisiatif, dan pemulihan ekonomi kreatif. Apa yg dilakukan Lazada Run kami memberikan dukungan," ungkap Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Edy Wardoyo saat ditemui di Senayan Park, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (15/3/2023).

Kemenparekraf (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

Tak hanya dalam negeri, Edy Wardoyo yakin event kompetizi lari dapat menjadi daya tarik bagi turis mancanegara. Sehingga, dapat membuka lapangan pekerjaan.

"Kami yakin event ini mampu meningkatkan mancanegara serta melibatkan banyak kerja UMKM. Event ini menjadi daya tarik wisata, bukan event saja. Tetapi menjadi rantai lapangan pekerjaan," paparnya.

Konferensi pers Lazada Run (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

Edy Wardoyo mengatakan dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif (ekraf) juga harus menjalankan konsep 3G seperti yang saat ini dijalankan sektor pariwisata.

Jurus 3G yang dimaksud adalah Gercep, Geber, dan Gaspol. Ketiganya memiliki kepanjangan dengan makna tersendiri. Gercep yaitu gerak cepat, Geber berarti gerak bersama, lalu Gaspol yaitu garap semua potensi online.

"Hal ini tentunya semangat besar disampaikan Kemenparekraf Gercep, Geber dan Gaspol dengan singkatan 3G. Melalui wisata 3G kita berharap bangkit lebih kuat, memberikan efek besar terhadap masyarakat dan tetap mematuhi prokes daerah." lanjutnya.

Lazada Run nantinya dibagi menjadi tiga kategori jarak di masing-masing negara, yakni 5 km, 10 km dan 21 km. Lazada Run menyediakan kategori untuk anak-anak. Kategori bernama Kids Dash ini diperuntukkan bagi anak usia 5–12 tahun, yang tertarik untuk berpartisipasi dalam aktivitas grup yang seru.

Tak hanya Indonesia, Lazada Run juga diselenggarakan di Vietnam pada 23 April, Thailand pada 25 Juni, Filipina pada 2 Juli, Malaysia yang diselenggarakan 16 Juli, dan Singapura pasa 23 Juli 2023.