Banjir Bandang yang Putuskan Jembatan Ciwidey Belum Diperbaiki, Kades Tanggih Janji

ERA.id - Jebolnya Jembatan Sungai Ciwidey akibat terjangan banjir bandang pada Juni 2022 silam sampai saat belum mendapatkan perbaikan. Padahal, jembatan itu menghubungkan Kecamatan Ciwidey dan Pasirjambu.

Kepala Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Ismawanto Somantri mengatakan, ketika jembatan itu jebol, Gubernur Jabar, Bupati, dan Wakil Bupati Bandung sempat berkunjung. Saat itu pemerintah menjanjikan perbaikan tetapi hingga saat ini belum terealisasi.

"Waktu jembatan Sungai Ciwidey kami jebol akibat banjir bandang, itu dikunjungi Gubernur Jabar, Bupati dan Wakil Bupati Bandung. Mereka janji-janji semua tapi dalam kenyataan sampai saat ini belum diperbaiki," kata Ismawanto saat dihubungi Era.id, Rabu (22/3/2023).

Ia menjelaskan, jembatan yang rusak itu berada di dekat Desa Tenjolaya dan menghubungkan Kecamatan Ciwidey dan Pasirjambu. Namun, pemerintah desa tidak bisa memperbaikinya karena jembatan itu merupakan kewenangan BBWS provinsi.

"Kalau saya mempunyai kewenangan sudah diperbaiki. Sampai saat ini terabaikan juga, belum diperbaiki, mungkin lupa juga itu. Jadi Pak Gubernur saat ini konsen pada Masjid Raya Al Jabbar untuk sarana wisata," jelasnya.

Meski tidak memiliki kewenangan untuk memperbaiki jembatan yang rusak, warga memperbaiki dengan bambu secara swadaya.